oleh

Bongkar Jendela, 14 Tahanan Kabur

JAYAPURA – Sebanyak 14 tahanan Polresta Jayapura Kota melarikan diri dengan cara membobol jendela ruang tahanan serta memanfaatkan kelengahan anggota penjagaan, Selasa (17/11) dinihari sekitar pukul 02.20 WIT. Imbas kaburnya 14 tahanan itu, sebanyak 13 dari 30 anggota yang bertugas sudah diperiksa Propam.

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav Urbinas kepada wartawan, Rabu (18/11) mengungkapkan, 30 orang anggoa Polisi tersebut yakni petugas penjaga rumah tahanan,  piket penjagaan mako dengan SPK dan gabungan piket fungsi yang bertugas bersama. Kaburnya 14 tahanan itu merupakan kelalaian dari personel yang bertugas, baik itu fungsi piket jaga tahanan, piket markas, dan fungsi lainnya. “Nanti kita akan pilah-pilah tingkat keselahan mereka. Saat ini mereka ditugaskan bersama dengan tim Opsnal dan Krimsus dalam melakukan pengejaran terhadapa tahanan yang melarikan diri,” kata Gustav Urbinas.

Mantan Kapolres Jayapura ini mengakui kaburnya tahanan ini memang kelalaian dari angggota, sehingga ada ruang kosong yang dimanfaatkan para tahanan untuk kabur. “Untuk anggota, kita arahkan untuk disiplin dalam menjalankan tugas, baik yang di ruang tahanan maupun di penjagaan di depan mako,” ungkapnya.

Dijelaskan, sesuai hasil pemeriksaan   diketahui  sebanyak 14 orang yang melarikan diri. Kejadian bermula sekitar pukul 02.20 WIT, diawali empat orang, dan hingga pukul 03.07 WIT total sebanyak 14 orang tahanan yang meloloskan diri. Petugas baru mengetahui adanya tahanan kabur setelah empat orang tahanan yang terakhir berhasil melarikan diri.  “Tahanan kabur dengan cara membongkar kaca jendela dan lari keluar pintu gerbang depan Mapolresta,” bebernya. Ke-14 tahanan yang kabur ini, tiga diantaranya tahanan  Satnarkoba, 3 tahanan Satreskrim dan 8 tahanan titipan Jaksa. (al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed