oleh

BKM Al Hidayah Peringati Isra’ Mi’raj

-Metro-72 views

SORONG – BKM Masjid Al Hidayah menggelar Peringatan Isra’ Mi’raj pada Sabtu (13/3) malam. BKM Masjid Al Hidayah yang diketuai Muh. Yani dengan Ketua Yayasan Al Hidayah Budi Rahardjo itu menghadirkan penceramah Mayor Inf. H. Triyana, S.Pdi, M.Pdi (Kasdim 1802/Sorong).

   Dalam ceramahnya, H. Triyana mengambil thema: Sholat Kunci Diterimanya Amal-amal Sholeh.

  Pada kesempatan itu H. Triyana menyampaikan bahwa Isra’ Mi’raj merupakan peristiwa yang sangat luar biasa. Dimana Nabi Muhammad SAW diperjalankan dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha di Palestina, kemudian naik ke langit ketujuh dilanjutkan ke Sidratul Muntaha hanya dalam waktu kurang dari satu malam. Peristiwa ini tidak bisa diterima oleh akal dan ilmu pengetahuan. Tapi hanya bisa diterima dengan iman. Pada saat Nabi Muhammad menjalankan Isra’ Mi’raj itulah Nabi Muhammad beserta umatnya mendapat perintah dari Allah SWT untuk melaksanakan Sholat 5 waktu sehari semalam. 

  Triyana juga menyampaikan bahwa umat Islam harus menjauhi 3 ‘penyakit’ yaitu ‘Kudis’ (kurang disiplin), ‘Kurap’ (kurang rapi), dan ‘Kutil’ (kurang teliti). Karena 3 ‘penyakit’ itu dapat menurunkan harkat dan martabat umat Islam. 

  ‘Kudis’, kurang disiplin melaksanakan ketentuan hukum dan undang-undang yang berlaku, kurang disiplin menjalankan 5 Rukun Islam.

  ‘Kurap’, kurang rapi merawat tempat ibadah, sekolah dan bangunan atau fasilitas-fasilitas lainnya.

  ‘Kutil’, kurang teliti dalam menyaring informasi baru yang tidak sesuai nilai-nilai Islam. Sehingga muncul ajaran-ajaran sesat, yang terbaru di Banten ada ajaran Hakekok, dimana para pengikut aliran tersebut mempercayai bahwa dengan mandi bersama pria dan wanita tanpa busana dapat menghilangkan dosa-dosa mereka. Ini ajaran sesat yang tidak boleh diikuti. “Kita harus mengikuti ajaran-ajaran yang telah dibawakan dari Nabi Muhammad SAW,” terangnya.(akh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed