oleh

BKD Kabupaten Tambrauw Launching SIM – ASN

-Tambrauw-685 views

SORONG-Wakil Bupati Tambrauw, Mesak M. Yekwam, SH resmi melaunching website dan Aplikasi Sistem Informasi Managemen Aparatul Sipil Negara (SIM-ASN) Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia(BKDPSDM) Kabupaten Tambrauw di Meridien Hotel Kota Sorong, Sabtu (19/10). 

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Tambrauw, Mesak M. Yekwam menjelaskan, dari apa yang dilakukan merupakan salah satu upaya yang ditempuh Pemerintah Daerah dalam mendukung manajemen Aparatur Sipil Negara dalam memberikan informasi mengenai seluruh data secara online, sehingga tercipta manajemen yang efisiensi, efektivitas dan akurasi dalam pengambalian keputusan.

“SIM ASN ini merupakan rangkaian informasi dan data mengenai ASN yang disusun secara sistematis dan terintegrasi dalam proses penarikan pangkat atau pemberhentian maupun pension. Aplikasi ini sangat mempermudah ASN untuk mengetahui proses layanan kepegawaian yang menjadi hak setiap ASN seperti informasi kenaikan pangkat masa pensiun dan lain-lain,” katanya.

Di era milenial atau lebih dikenal dengan era revolusi industri ke 4.0 yang artinya teknologi semakin berkembang dan mengalami perubahan sangat cepat, sehingga pemerintah dituntut untuk mengikuti arus perubahan tersebut, maka salah satu upaya Pemerintah Daerah untuk menjawab tantangan tersebut di bidang kepegawaian dengan aplikasi SIM ASN.

“Saya berharap dengan dilaunchingnya program ini pelayanan di tingkat BKD dapat di tingkat dan mendukung Kasubag dalam menginput data setiap ASN yang ada pada OPD masing-masing,”harapnya.

Sementara itu, Menurut Kepala Bidang Pengadaan dan Pengembangan Karir, BKDPSDM Tambrauw, Isnaen S mengatakan, SIM ASN ini memiliki banyak kegunaan, terutama menyangkut data kepegawaian yang ada di lingkup Pemerintah Kabupaten Tambrauw yakni mulai dari pengangkatan, perekrutan, mutasi, promosi jabatan hingga ASN yang akan pensiun pun akan diketahui hanya dengan aplikasi SIM ASN tersebut.

“Jadi kita sangat terbantu karena kita tidak harus repot-repot mencari berkas ASN secara manual dengan membuka berkas-berkas yang telah diarsipkan tetapi dengan adanya SIM ASN ini semuanya sudah dapat terdeteksi dari awal dengan cukup melalui komputer saja. Kami bisa tahu siapa yang akan naik pangkat dan pensiun pada tahun ini,”ungkapnya.

Lanjutnya, karena aplikasi SIM ASN ini baru di launching, maka pihaknya akan mengadakan pelatihan bagaimana tata cara mengelola SIM ASN kepada semua Kasubag Kepegawaian yang ada di OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Tambrauw. “Kami memang sengaja mengundang Kasubag Kepegawaian karena mereka yang mengelola data kepegawaian pada masing-masing OPD,”ujarnya.

Ditambahkannya, lebih canggihnya lagi apliasi SIM ASN ini pun bisa diakses melalui mobile phone, sehingga masing-masing ASN bisa mengakses data pribadinya sendiri, namun untuk mengakses semua pegawai pada satu OPD hanya bisa dilakukan oleh Kasubag Kepegawaian pada OPD tersebut.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed