oleh

Bioskop XXI akan Perketat Protap Kesehatan

-Ekonomi-107 views

SORONG – Bioskop XXI yang direncanakan akan buka pada tanggal 8 Juli ini, nampaknya akan kembali tertunda. Pantauan Radar Sorong, Selasa (7/7) bioskop Ramayana ini masih tampak kosong, pintu utamanya pun terkunci. Penundaan operasinal Bioskop XXI lantaran masih menunggu ketetapan dari XXI pusat. Manager Store Ramayana Mall Sorong, Wagio mengungkapkan jadwal operasional XXI harus serentak se-Indonesia. “Jadwal operasional Bioskop XXI Sorong diundur, sebab kami masih menunggu ketentuan dari pusat. Karena PSBB di Jakarta diperpanjang sejak 2-16 Juli 2020,” terang Wagio, Selasa (7/7).
Dikatakannya, persiapan di dalam bioskop telah dilakukan. Pembersihan dan pemeliharaan gedung bioskop selalu dijaga. Bahkan 50 kursi di tiap studio sudah diberi tanda silang.
“Kursi sudah dibersihkan. Sound system sudah dicek. Cafetaria juga sudah ready, kami hanya tinggal menunggu info dari pusat saja,” tuntasnya.
Namun informasi terakhir yang di terima Radar Sorong, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta telah mengizinkan bioskop kembali buka di masa perpanjangan PSBB transisi. Namun dengan ketentuan protokol kesehatan wajib diterapkan secara ketat.
Kepala Disparekraf DKI ­Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia dalam keterangannya mengatakan, maksimal penonton bioskop hanya 50 persen dari total seat yang disediakan di tiap studio.
“Ada ketentuan umum, kapasitas 50 persen,” ujar Cucu di Jakarta, Selasa (7/7).
Protokol kesehatan yang wajib diterapkan oleh bioskop juga diatur dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Nomor 140 Tahun 2020.
“Bidang pariwisata yang beroperasi pada perpanjangan fase I masa transisi, hiburan dan rekreasi mulai tanggal 6 Juli-16 Juli 2020, bioskop, produksi film, penyelenggaraan pertunjukan/nobar di ruang terbuka,” ujar Cucu dalam SK-nya.
Dalam SK tersebut, ­penggunaan masker, mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, serta menjaga jarak juga wajib dilakukan, baik oleh karyawan bioskop maupun pengunjung. Pengelola juga diminta untuk tidak melayani pengunjung yang datang tidak menggunakan masker. Selain itu, bagi karyawan yang bersinggungan langsung dengan pengunjung diwajibkan menggunakan masker, face shield dan sarung tangan. Pengecekan suhu tubuh juga dilakukan sebelum pengunjung masuk ke dalam area bioskop XXI.
Bagi pengunjung yang suhu tubuhnya diatas 37,3 derajat C tidak diizinkan masuk.
Selanjutnya masyarakat ­juga diimbau menggunakan metode pembayaran non tunai. Bahkan masyarakat diharapkan dapat membeli tiket secara online tanpa harus datang ke counter terlebih dahulu. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed