oleh

Bintang Baru akan Lahir dari Papua

Lukas Enembe : Kesuksesan PON XX Pembuktian Harga Diri Orang Papua Sebagai Bagian dari NKRI

JAYAPURA – Gubernur Papua, Lukas Enembe, melepas kontingen Papua untuk bertanding dan berlomba di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Lapangan Mandala, Kamis (9/9). Dalam kesempatan ini, Enembe optimis Papua mampu mencapai posisi 5 besar pada PON nantinya.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Sebanyak 945 atlet terdiri dari 541 putra dan 404 putri yang akan bertanding di 37 cabang olahraga serta 56 disiplin pertandingan, disiapkan tuan rumah pada event tersebut. Tim tuan rumah menargetkan total 84 medali emas pada PON XX.

Gubernur Lukas Enembe mengatakan kesuksesan PON XX menjadi pembuktian harga diri orang Papua sebagai bagian dari NKRI. Menurut Gubernur, pelaksanaan PON XX di Bumi Cenderawsih merupakan kesempatan untuk menunjukan bahwa Papua bisa menjadi garda terdepan bangsa Indonesia dalam urusan olahraga. 

Oleh karena itu, Enembe berjanji akan memberikan bonus sebesar Rp 1 miliar kepada atlet Papua yang meraih medali emas pada PON untuk nomor pertandingan perorangan.  Sedangkan untuk medali emas beregu, pihaknya akan memberikan Rp 650 juta per atlet. 

Selain itu, atlet peraih medali perak perorangan masing-masing mendapatkan Rp 500 juta dan Rp 325 juta untuk nomor beregu, sedangkan untuk peraih medali perunggu perorangan bakal mendapat Rp 250 juta dan Rp 162,5 juta bagi yang beregu. 

Bukan saja atlet peraih medali yang mendapatkan bonus, Gubernur Papua menyatakan akan memberikan penghargaan bagi atlet yang belum berhasil meraih medali, masing-masing mendapatkan Rp 10 juta.  ”Saya percaya akan selalu lahir bintang-bintang baru, mutiara-mutiara dari tanah Papua yang akan mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Kami menyadari bahwa setiap keringat yang kalian kucurkan adalah untuk kebanggaan Papua. Oleh karena itu, sudah kewajiban saya sebagai Gubernur Papua untuk mengapresiasi setiap perjuangan kalian,” kata Lukas Enembe dalam sambutannya. 

Dengan besaran bonus yang nantinya diterima, ia berharap seluruh atlet Papua yang membawa nama Papua mampu merealisasikan target peringkat lima besar.  ”Seharusnya mencapai 5 besar bukanlah hal yang sulit bagi teman-teman atlet semua. Saya percaya pada ­energi dan kemampuan yang kalian miliki,” imbuhnya. (al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed