oleh

Bicara Otsus, Karyawan PT Sky Marapu Papoea Datangi KSOP

SORONG – Dijembatani oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Sorong (KSOP), Direktur Utama PT Sky Marapu Papoea, Allan Waromi meminta PT Pelni untuk mematuhi UU nomor 17 yang mengatur tentang Otonomi Khusus (Otsus) untuk dapat membuka seluas-luasnya peluang kerja bagi putra-putri Papua bisa berkarya di tanahnya sendiri.

Allan meminta, perusahaannya, PT Sky Marapu Papoea yang bergerak di bidang keselamatan pelayaran dilibatkan secara langsung dalam program toll laut yang telah direalisasikan oleh Presiden Jokowi menggunakan kapal Sabuk Nusantara di Wilayah Papua.”Sesuai Perpres 17, kami minta keterlibatan dari pengusaha asli Papua. Kami sebagai OAP harus diberikan kesempatan untuk bekerja di tempat kami sendiri,” ujar Allan Waromi saat ditemui usai menyampaikan aspirasinya di kantor KSOP Kelas 1 Sorong, Selasa (18/8).

PT Pelni dituding melanggar aturan yang tertuang dalam UU nomor 17 tersebut karena telah menunjuk salah satu perusahaan serupa di daerah Batam untuk mengambil alih tanggungjawab peremajaan dan perbaikan kapal. Sementara perusahaan yang ditunjuk tersebut punya wilayah operasi hanya untuk di bagian barat Indonesia.

“Saya patut berbangga hati karena di seluruh Indonesia, saya adalah satu-satunya OAP yang telah memiliki izin dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kota Sorong untuk mendirikan perusahaan dan melakukan pemeriksaan, pengujian dan safetyfikasi alat pelayaran. Namun yang terjadi justru seperti demikian. Disini saya minta agar hal ini bisa diluruskan,” pinta Allan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Angkatan Laut dan Jasa Kepelabuhanan KSOP Kelas I Sorong, Stevie Mandiapessy mengatakan hal tersebut hanya sebuah kesalahpahaman saja. “Teman-teman dari PT Sky Marapu Papoea menyampaikan bahwa ada penunjukkan dari PT Pelni kepada perusahaan yang berkedudukan di Batam untuk menangani perbaikan kapal yang seharusnya diakomodasi oleh putra daerah. Kami dari KSOP tidak punya kewenangan ke sana, sehingga kami hanya membantu untuk mengkomunikasikan saja,” jelas Stevie. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed