oleh

BI Layani Penukaran Uang Rp 75.000

-Ekonomi-52 views

MANOKWARI – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Barat mencanangkan ‘Torang Cinta Pabar : Paham Bangga Rupiah”. Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Papua Barat, Eko Listiyono menjelaskan, pencanangan ini sebagai gerakan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat Papua Barat mewujudkan kebanggaan terhadap Rupiah di era digitalisasi.

‘’Perjalanan panjang dan perjuangan para pahlawan serta rakyat Indonesia telah dilalui sampai akhirnya Rupiah menjadi sebuah mata uang yang berdaulat di Indonesia. Untuk itu, menjadi tugas kita menjaganya, salah satunya dengan kebanggaan dalam menggunakannya,’’ ujarnya kepada wartawan.
Ketersediaan uang kartal menjadi hal penting untuk dipantau mengingat masyarakat Indonesia masih tergolong cash based society.
Indikasi ini tercermin dari pertumbuhan Uang Kartal Yang Diedarkan (UYD) dari tahun ke tahun. Sejalan dengan itu, Bank Indonesia terus mendorong digitalisasi dengan menghadirkan sistem pembayaran elektronifikasi/nontunai yang cepat, mudah,
murah, aman, dan andal. Dia menjelaskan, Undang-Undang No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang menegaskan kedudukan Rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah dalam perekonomian nasional. Lepasnya pulau Sipadan dan Ligitan dari NKRI merupakan catatan sejarah penting yang menjadi dasar proses penegakan Rupiah di Indonesia. Minimnya transaksi dan aktivitas ekonomi yang menggunakan Rupiah di Sipadan dan Ligitan menjadi salah satu pertimbangan dunia internasional atas lepasnya kedua pulau tersebut.
Kaitan tersebut, Selaras dengan kebijakan clean money policy, Bank Indonesia membuka kesempatan bagi masyarakat memiliki sebanyak-banyaknya Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (UPK 75 Tahun RI). Terhitung sejak tanggal 23 Maret 2021, telah diberlakukan persyarakatan 1 Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk penukaran maksimal 100 lembar UPK 75 Tahun RI per hari. Masyarakat yang telah melakukan penukaran dapat kembali dan terus melakukan penukaran UPK 75 Tahun RI yang dikeluarkan pada 17 Agustus 2020 lalu.
Penukaran UPK 75 Tahun RI baik secara individu maupun kolektif dapat dilakukan di Kantor Bank Indonesia Papua Barat atau di seluruh kantor cabang perbankan komersial yang ada di Manokwari dengan tata cara pemesanan dan penukaran yang sama dengan mekanisme sebelumnya.
Masyarakat dapat melakukan pemesanan individu melalui PINTAR (https://pintar.bi.go.id) dan memilih tanggal penukaran yang sama dengan tanggal pemesanan (penukaran H+0) apabila pemesanan dilakukan sebelum pukul 11.30 WIT.
Mekanisme penukaran individu maupun kolektif dapat dilihat dalam aplikasi PINTAR.
Apabila masyarakat mengalami kendala untuk melakukan pemesanan penukaran secara individu melalui PINTAR, masyarakat dapat datang langsung ke kantor Bank Indonesia Papua Barat, setiap hari kerja, Senin-Jumat pada jam operasional layanan penukaran pukul 08.00-11.00 WIT.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed