oleh

Bersinergi, Gelar Patroli Laut Terpadu

-Metro-70 views

SORONG-Letak geografis NKRI menjadikan Indonesia sebagai negara yang sangat strategis dilihat dari berbagai aspek baik dari segi ekonomi, politik, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan. Posisi strategis ini tentu harus selalu di jaga dan di kawal setiap jengkal wilayah NKRI baik di darat maupun di laut.

Pengawalan dan penjagaan tersebut yang menginisiasi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai melaksanakan program Operasi Patroli Laut Bea dan Cukai Terpadu di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya di perairan Papua. Dengan, pelaksanaan  Operasi Patroli Laut Terpadu Jaring Wallacea Periode II Tahun 2021 ini Kanwil Bea Cukai Khusus Papua, Selasa (7/9).

PMB OPBJJ-UT Sorong

Pelaksanaan patroli digelar usai upacara pembukaan dan seremoni pelepasan kapal Patroli Bea dan Cukai di dermaga  di Pangkalan Utama TNI AL XIV, Sorong. Serta yang bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Komandan Lantamal XIV, Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.i., M.Tr.Opsla

Seremoni pelepasan kapal patroli BC-30007, sinergi juga diperlihatkan dengan hadirnya K.P. Anggada milik Dit Polair Polda Papua Barat, K.P. Hiu Macan 04 milik Kantor Stasiun PSDKP Biak, KNP 361 milik Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Sorong, dan KAL Wayag milik Lantamal XIV, Sorong.

Plt. Kakanwil Bea Cukai Khusus Papua Khoirul Hadziq menjelaskan Bea dan Cukai selalu mengedepankan sinergitas kebersamaan dengan melibatkan TNI AL (Lantamal XIV) Sorong, serta jajaran aparat penegak hukum di laut untuk mengamankan wilayah Indonesia khususnya wilayah Papua dari tantangan, hambatan maupun gangguan yang terjadi di wilayah laut Papua.

Patroli kali ini, tambah Khoirul akan menyasar titik-titik rawan yang telah di fokuskan. Sebab, Bea dan Cukai tentunya telah memiliki peta kerawanan yang telah didapatkan dari intelejen masing-masing instansi. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed