oleh

Berkaca Pada KRI Nanggala, Kasal Perintahkan Inventarisir Alutsista Tua

Jelang HUT Ke 76 TNI AL, Kepala Staf Koarmada III Pimpin Ziarah ke TMP Trijaya Sakti Kota Sorong

SORONG-Menjelang H-1 HUT TNI Angkatan Laut (AL) yang ke 76 tahun, TNI AL meliputi Koarmada III, Pasmar 3 dan Lantamal XIV Sorong melaksanakan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Trijaya Sakti Sorong, Kamis (9/9). Ziarah makam tersebut, sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa para pahlawan yang telah gugur.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Kegiatan ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan serta peletakan karangan bunga yang dipimpin oleh Kepala Staf (KS) Koarmada III, Kepala Staf (KS) Koarmada III Laksamana Pertama TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., M.H.

Baca Juga : TNI AL Buka Posko Vaksinasi di Jalan Poros Katapop

Selanjutnya, dilaksanakan tabur bunga di makam para pahlawan yang dilakukan oleh Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., Danlantamal XIV Sorong, Komandan Lantamal XIV, Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr.Opsla, Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E., , IR Armada III Laksma TNI Dr. Toto Dwijaya Saputra, S.T., M. Si. dan Kapoksahli Armada Laksma TNI Endra Sulistiyono, S.E., M.M., bersama Jalasenatri serta pramuka Kota Sorong.

Baca Juga : TNI AL Kumpulkan 1 Truck Sampah di Jembatan Puri

Kepala Staf Koarmada III, Laksamana Pertama TNI Yeheskiel Katiandagho didamping Danlantamal XIV Sorong, Laksamana Pertama TNI, Imam Musani mengatakan, ziarah makam ini membuktikan bahwa TNI AL menghormati pahlawannya, sebab bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawan.

“Bangsa ini berdiri bukan tiba-tiba dan bukan pemberian tetapi berkat perjuangan seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Sebagai generasi bangsa sekarang melanjutkan apa yang ditinggalkan,”jelasnya kepada awak media.
Diusia ke 76 tahun sudah banyak hal yang terjadi di lingkungan TNI AL, salah satunya tenggelamnya KRI Nanggalan. Berkaca dari kejadian tersebut sambung KS Koarmada III, bahwa Kasal Laksamana Yodo Margono telah menyampaikan akan memodernisasi dengan mendatangkan Kapal Selam lagi.

Baca Juga : Penjaga Perairan, Tak Mudah jadi Perwira TNI AL

“Didalam interen TNI AL akan senantiasa memperbaiki, baik personel maupun alutsista. Sehingga tidak lagi terjadi peristiwa-peristiwa seperti kapal selam. Tidak hanya itu, semua yang ada di TNI Angkatan Laut, Kasal perintahkan jajarannya sampai kepada jajaran yang terkecil untuk inventarisir semua, baik personel maupun peralatan alutsist yang sudah tua diajukan kembali untuk dilakukan peremajaan,”ujarnya.

Orang nomor 2 di Koarmada III menambahkan pimpinan TNI AL maupun negara sudah memikirkan hal tersebut, dimana pada tatanan ada tatanan kebijakan, khusus KRI Nanggala, sudah dipersiapkan bangsa dan Negara. KS berpesan kepada Koarmada III berserta jajarannya, agar tetap mempertahankan kedaulatan negara baik.

“Apa yang sudah ditinggalkan oleh para pahlawan, kita pertahankan dan kita tingkatkan saya meyakini bangsa kita kedepan akan menuju bangsa yang merdeka Jayamahe karena kita sebagai Tentara Nasional Indonesia matra laut,”pungkasnya.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed