oleh

Beri Kesempatan Warga Lokal Jadi Pendamping DD

-Metro-81 views

TIMIKA – Guna terwujudnya maksud dan tujuan penggunaan Dana Desa (DD) bagi masyarakat, khususnya yang berada di pesisir dan pedalaman, maka diharapkan pemerintah dapat memberikan kesempatan bagi warga lokal untuk menjadi pendamping DD. 

Hal itu disampaikan politisi Fraksi PKB, Miller Kogoya di ruang kerjanya, Selasa (1/9). DD yang sangat berguna bagi masyarakat dalam penunjang pembangunan kampung dan kesejahteraan masyarakat, diharapkan bukan saja dana digunakan untuk aspek ini saja. Namun, peningkatan kompetensi bagi warga lokal harus dilaksanakan, agar masyarakat dapat lebih mandiri dan tidak tergantung dengan pendamping non lokal. 

Dikatakan Miller, peningkatan kompetensi warga lokal agar bisa juga menjadi pendamping DD ini harus dimulai dari saat ini. Jika warga lokal yang diberikan kesempatan menjadi pendamping DD, maka diharapkan mereka yang lebih mengetahui kondisi kampung dan masyarakat bisa lebih memberikan kontribusinya untuk kemajuan kampungnya kedepan. 

“Diharapkan kedepan warga lokal bisa ditingkatkan kompetensinya dan diberikan kesempatan untuk menjadi pendamping lokal,” ujar Miller. 

Anggota Komisi A ini mengatakan sudah saatnya masyarakat lokal dilibatkan untuk mengurus penggunaan hingga pelaporan DD. Dalam proses pelaporan penggunaan DD ini, memang masyarakat kerap mengalami kesulitan. Jika penempatan pendamping DD dari luar kampung, maka ini tidak maksimal sebab mereka datang dengan waktu yang terbatas. 

Jika pendamping DD dari luar, adanya penyelewengan dari luar, maka hal ini tidak dapat dipertanggungjawabkan. Namun, apabila melibatkan pendamping dari lokal, maka tentu saja akan mudah dan bisa dipertanggungjawabkan.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed