oleh

Berbagi Ilmu, Tiap Gambar Miliki Karakter Berbeda

-Metro-130 views

Menjadi ilustrator pada sebuah buku bacaan anak bergambar, menyadarkan Anggi, Ilustrator di Sorong ternyata sangat dibutuhkan. Sementara, ia mengakui cukup banyak anak-anak di Sorong dengan bakat gambar yang luar biasa, sesuai dengan karakternya masing-masing. 

“Di Sorong yang bisa gambar banyak sebenarnya, cuma mungkin belum banyak yang mau buka diri, padahal setiap gambar ada karakternya masing-masing,” ucapnya. 

Anggi yang lebih senang menggambar anime dan kartun ini, bercita-cita menjadi Character Designer yang cukup banyak dicari oleh perusahaan game dan buku. Melalui peluang yang ada saat ini, Anggi lebih giat menekuni hobbynya tersebut. 

Bakat menggambar karakter pada Anggi, bisa dibilang terjadi secara otodidak. Karena sebelum menggambar, Anggi lebih dulu melihat karakter anime dan kartun di TV. Tidak untuk ditiru, melainkan dipelajari dari satu karakter ke karakter lainnya. 

“Misalnya di karakter lain saya suka model rambutnya, nanti di karakter lain lagi saya suka matanya, nanti saya akan gabungkan untuk jadi satu karakter,” jelasnya. 

Untuk menggambar 1 karakter anime, Anggi membutuhkan waktu 30 menit hingga 2 jam. Bagian tersulit dalam menggambar karakter menurutnya, bagian detail baju, rambut dan pose dari karakter yang kerap ia ubah.

Meski tidak membuka kursus, namun Anggi kerap didatangi anak-anak untuk diajarkan menggambar. Agar tidak mengecewakan, terkadang Anggi menggambar menggunakan buku gambar dan peralatan lainnya yang kemudian hasil gambar tersebut ditiru oleh anak-anak yang datang tersebut. 

Anggi sendiri lebih menyukai melukis dibanding menggambar, karena menurutnya melukis di kanvas jauh lebih mengasikkan dibanding harus menggambar diselembar kertas. Namun, untuk jualan karakternya, Anggi lebih menggunakan tablet miliknya. 

Dengan bakatnya tersebut, Anggi kerap mengikuti lomba tingkat daerah hingga nasional. Beberapa kali justru menjadi juara 1 dan 2 di tingkat daerah. “Kalau untuk tingkat Nasional agak susah, soalnya pesertanya banyak dari seluruh Indonesia,” ucapnya. 

Anggi, Alumni SMK N 1 Kota Sorong yang memiliki keinginan untuk berkuliah di Jepang ini berharap agar kedepannya, semakin banyak ilustrator yang hadir di Sorong dengan kemampuannya masing-masing. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed