oleh

Bentuk Kontrol Kepada Eksekutif

-Metro-75 views

Wakil Ketua II DPRD Maybrat Agustinus Tenau,S.Sos,M.Si menegaskan, pembentukan Pansus bukanlah untuk menakut – nakuti atau mencari cari kesalahan eksekutif. “ Jadi Pansus ini bukan sesuatu yang menakut – nakutkan, tetapi bagian dari control kepada eksekutif (pemerintah) agar bersinergi, menterjemahkan dan mengimplementasikan visi-misi Bupati – Wakil Bupati Maybrat bisa terwujud,” Ucap Politisi NasDem itu sembari menjelaskan bahwa dari keempat Pansus yang telah dibentuk itu, salah salah satunya yang sangat urgen adalah Pansus Tapal Batas, karena sampai dengan 11 tahun usia Kabupaten Maybrat sengketa tapal batas, Kabupaten Maybrat dengan Kabupaten tetangga maupun sengketa tapal batas distrik dan kampung belum terselesaikan alias belum jelas.

Kabupaten Maybrat, lanjut Wakil Ketua II itu, diapit tiga kabupaten tetangga, yakni bagian Selatan dan barat berbatasan dengan Sorong Selatan, Bagian Utara berbatasan dengan Kabupaten Tambrauw dan Bagian Timur berbatasan dengan Kabupaten Teluk Bentuni. Khusus Kabupaten Bintuni, lanjut Agus Tenau, bahwa sebagian wilayah penghasil minyak dan gas yang berada di Wilayah Aifat Timur Jauh Kabupaten Maybrat telah “dicaplok” oleh Kabupaten Teluk Bintuni dan sampai saat ini belum terselesaikan. Oleh karenanya dinilai Pansus ini sangat penting dan akan membutuhkan waktu, tenaga, pikiran serta anggaran yang cukup besar.

“ Ada 12 sumur yang berada di wilayah Maybrat yang “dicaplok” oleh Bintuni dan Bintuni menganggap Maybrat bukan daerah penghasil. Itulah sebabnya Pansus tapal batas ini dibentuk salah satu tujuannya untuk kepentingan itu,” katanya.

Ia menambahkan, terkait Pansus yang telah dibentuk ini, pihaknya telah menyampaikan ke Bupati dan prinsipnya Bupati sangat merespon agar Pansus tapal batas segera bekerja. Selain Bintuni, juga Sorong Selatan maupun Tambrauw. Selain itu masalah tapal batas yang juga penting adalah sengketa tapal batas wilayah pemerintah kampung induk dan kampung kampung pemekaran, distrik induk dengan distrik pemekaran supaya segera miliki batas batas wilayah pemerintahan yang jelas sehingga tidak timbul permasalahan dikemudian hari. (ris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed