oleh

Beli Mobil Toyota Diskon Hingga Belasan Juta Rupiah

-Ekonomi-63 views

PPnBM 0 %, Mulai Banyak yang Tanya-tanya Mobil Toyota

SORONG – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) resmi mengeluarkan aturan untuk pemberian insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) 0 % yang mulai berlaku bulan Maret ini hingga Mei mendatang disambut antusias masyarakat.

“Dengan adanya kebijakan pemerintah ini, daya beli bisa meningkat. Kebijakan pemerintah ini, awal minggu Maret sudah kelihatan antusiasnya, sudah lumayan yang masuk di SPK. Paling banyak yang diminati adalah Avanza dan Rush. Itu juga perlu kami pesan, karena stok kami terbatas,”ujar Kepala Cabang Hasjrat Toyota Sorong, Maxi J.Sonith.Seperti diketahui, kebijakan menggratiskan PPnBM tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.20PMK.010/2021 tentang PPnBM Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu Yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021. Kepala Cabang Hasjrat Toyota Sorong, Maxi J. Sonith, mengatakan bahwa diskon pajak dilakukan secara bertahap sampai dengan Desember 2021 agar memberikan dampak yang optimal. Diskon pajak sebesar 0 persen dari tarif normal (tarif PPnBM) akan diberikan pada tiga bulan pertama yaitu Maret, April dan Mei, 50 persen dari tarif normal pada tiga bulan berikutnya Juni, Juli, Agustus, dan 25 persen dari tarif normal pada tahap ketiga untuk empat bulan yaitu September, Oktober, November dan Desember. “Ini merupakan kebijakan pemerintah soal pemotongan PPnBM.
Jadi ada tahapan-tahapan mulai Maret nol persen sampai Mei, Juni sampai Agustus ada pemotongan 50% hingga Desember itu 25%.
Tujuan dari pemerintah untuk menggairahkan kembali minat beli dari masyarakat. Nah, ini kesempatan sekali dengan adanya kebijakan artinya ada potongan seperti Avanza, Rush berkisar Rp 15 juta hingga Rp 18 juta, belasan juta lah plus dengan kami punya diskon jadi tambah menarik pemotongannya,” katanya kepada Radar Sorong, ketika ditemui di Ruang Kerjanya di Dealer Hasjrat ­Toyota, Sabtu (6/3/2021). Maxi juga mengatakan bahwa insentif diberikan kepada mobil dengan kapasitas mesin kurang dari 1.500 cc. Mobil insentif PPnBM diantaranya yaitu Toyota Yaris, Toyota Vios, Toyota Avanza, dan Toyota Rush.

“Yang dikenakan PPnBM mobil yaitu 1.500 cc ke bawah. Kami di Toyota yaitu Avanza Veloz, Yaris, Vios, dan Rush. Kalau Agya, Calya sudah dari awal ada subsidi dari pemerintah. Dari kami sudah ada diskon ditambah dengan kebijakan pemerintah otomatsi menambah lagi,” ujarnya.
Lanjut dikatakan Maxi, Hasjrat Toyota sangat menyambut baik kebijakan dari pemerintah berupa diskon pajak PPnBM mobil tersebut diberikan untuk mengambil momentum pemulihan ekonomi.

“Dengan kebijakan ini, sama sekali perusahaan tidak rugi. Karena kita ada kewajiban di dalam komponen harga mobil ada namanya pengenaan pajak barang mewah. Nah, sekarang ada kebijakan dari pemerintah maka itu di nol kan. Sehingga otomatis harga mobil juga turun,” tegasnya.
Maxi, mengimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan kesempatan dari kebijakan pemerintah sehingga harga mobil pun turun. Salah satunya menjelang momen hari besar umat muslim bagi keluarga yang belum miliki kendaraan dan ingin melakukan berpergian bisa memanfaatkan kebijakan tersebut.

“Ini kesempatan masyarakat untuk bisa memiliki mobil dengan harga yang spesial. Dan kapan lagi pemerintah bisa memberikan kebijakan ini. Sedangkan khusus nol persen berlaku hanya sampai Mei. Mungkin menjelang Hari Raya Idul Fitri, ini bisa dimanfaatkan,” jelasnya.
Maxi juga menambahkan di tengah pandemi Covid-19 ini Hasjrat Toyota mengalami penurunan penjualan cukup signifikan. Dengan dengan kebijakan pemerintah yang menggratiskan PPnBM hingga 3 bulan kedepan, Ia berharap semoga bisa meningkatkan daya beli masyarakat akan mobil. Salah satu pengunjung, mengaku dengan adanya relaksasi pajak PPnBM mobil tentu bisa membuat harga mobil baru jauh menjadi lebih murah.
“Lumayanlah, bisa jadi banyak orang nanti lebih memilih beli mobil baru daripada beli mobil bekas. Makanya saya ada datang lihat-lihat mana yang lebih menarik,” katanya.(zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed