oleh

BAZNAS Salurkan Bantuan 20 Gerobak

-Metro-54 views

SORONG – Dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan perekonomian para pelaku usaha kecil, Badan Amil Zakat Nasionas (BAZNAS) Kota Sorong menyalurkan bantuan sebanyak 20 unit gerobak usaha. Penyerahan dilakukan di Gedung ACC Al-Akbar Kota Sorong, Kamis (25/2).
Ketua BAZNAS Kota Sorong, Syaiful Kamaruzzaman, SH menjelaskan bahwa ini dalam rangka kita menyalurkan zakat, infak, sedekah yang dititipkan oleh umat kepada BAZNAS Kota Sorong.
Program BAZNAS ada 5 yaitu program di bidang pendidikan, ekonomis, kesehatan, advokasi dakwah dan kemanusiaan.

“Alhamdulilah program-program ini sudah kami laksanakan, meski tidak dalam skla besar. Nah, hari ini adalah program ekonomi yang dilaksanakan. Artinya kami memberdayakan ekonomi pelaku UMKM. Mudah-mudahan dengan bantuan ini, kami harapkan bisa mengalami peningkatan usahanya lagi,” jelasnya.
Dikatakannya bahwa tujuan dari BAZNAS menyalurkan zakat dalam bentuk pemberian gerobak yaitu mempunyai sasaran untuk merubah penerima zakat (mustahik) menjadi pemberi zakat (muzakki).
“Jadi kita berikan bantuan, kita harapkan status mereka dari mustahik meningkat menjadi muzakki.
Kemudian dalam bentuk syiar, publilasi kepada umat bahwa apa yang dititipkan kepada BAZNAS yaitu zakat, infak dan sedekah kita salurkan. Nah, ini bentuk pertanggungjawaban, transparansi kita bahwa dana yang mereka sampaikan dikelolah secara transparan. Ada 20 gerobak yang kita salurkan, dari periode awal hingga sekarang sudah 47 gerobak yang sudah kita berikan bantuan,” ujarnya.
Dia juga mengatakan bahwa untuk menetapkan beberapa kriteria bagi individu (mustahik) yang akan menerima gerobak usaha melalui penyaluran zakat, yaitu memiliki iman, takwa, jujur dan amanah. Kemudian dari keluarga yang kurang mampu yaitu pendapatan lebih kecil dari keperluan harian, rumah yang ditempati sementara dan tidak layak ditempati. Serta memiliki tempat usaha atau berdagang tetap dengan asset yang sedikit.

“Kita berikan kepada pedagang usaha kecil yang pendapatan mereka hanya minim. Nah, ini yang kita bantu untuk meningkatkan penjualan mereka.
Di masa pandemic Covid-19 ini, kita berharap bahwa bantuan ini bisa memberikan dorongan terhadap perkembangan ekonomi mereka,” pungkasnya.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sorong, Husein Alhamid,SPd.I,MPd mengapresiasi BAZNAS Kota Sorong karena telah memberikan bantuan kepada masyarakat, umat Islam yang berkekurangan. “Mudah-mudahan penerima bantuan nantinya bisa memberikan zakat atau sedekah lebih bagus lagi,” katanya.
Sementara itu, Pedagang Asli Papua, Hajar Warfandu mengaku sangat senang dan berterima kasih karena telah mendapatkan bantuan gerobak.
“Saya bersyukur dapat bantuan. Terima kasih, semoga dengan bantuan ini saya bisa jualan lebih baik lagi. Saya jualan nasi kuning, hanya di masa pandemi ini jualan menurun. Kadang habis, kadang tidak. Biasa 3 Kg, sekarang hanya 1 Kg itu pun kalau habis,” ungkapnya.(zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed