oleh

Bawaslu Sosialisasi Pengawasan Pemilih Partisipatif

KAIMANA – Bawaslu Kaimana melaksanakan sosialisasi pengawasan partisipatif, dalam rangka pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kaimana tahun 2020, ke pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Hotel Grand Kaimana, Selasa (10/11).

Sosialisasi dilakukan untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada, melalui partisipasi masyarakat. Selain itu, partisipasi masyarakat dalam tahapan Pilkada terkait pengawasan sangat dibutuhkan, sesuai misi Bawaslu membangun pengawasan pemilih partisipatif.

Sosiasilasi diberikan kepada 89 calon pengawas di Wilayah Distrik Kaimana, meliputi kelurahan Kaimana kota hingga kampung Coa, yang telah direkrut sebelumnya oleh Bawaslu Kaimana, dan akan dilantik secara serentak pada tanggal 16 November 2020 mendatang

“Untuk pemateri pada kegiatan sosialisasi ini sebelumnya telah dijadwalkan ketua Bawaslu Papua Barat, namun karena berhalangan jadi diganti oleh tenaga ahli Bawaslu RI divisi pengawasan dan hubungan antar lembaga, melalui daring atau virtual,” jelas Ketua Bawaslu Kaimana Karolus Kopong Sabon, SE kepada wartawan di Hotel Grand Papua Kaimana, Selasa (10/11).

Dikatakan Karel, setelah dilantik nantinya pengawas TPS ini akan mulai bertugas. Sesuai aturan menurut Karel, tugas pengawas TPS H-23 jelang pelaksanaan Pilkada dan H+7 setelah Pilkada.

“Kurang lebih 30 hari bertugas. Kami dibatasi dengan anggaran jadi hanya 89 peserta, sementara dari jumlah TPS di kelurahan Kaimana kota berjumlah 39, Krooy 21 TPS, Trikora 12 dan Coa 4 TPS. Nantinya akan dibantu oleh Panwas kelurahan,” ujarnya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed