oleh

Bawaslu Rekomendasikan 1.011 Nama ke KPU

Bawaslu Kabupaten Kaimana, Senin 28 September telah merekomendasikan ke KPU Kaimana, 1.011 nama berdasarkan temuan Bawaslu, dari hasil pencermatan terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Kaimana tahun 2020.

1.011 nama yang direkomendasikan oleh Bawaslu, harus dicermati ulang oleh KPU agar tidak ada nama ganda saat penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) nanti. “Jumlah itu terdiri dari, NIK Ganda sebanyak 652 Nama, Nama dan Tempat Tanggal Lahir sama sebanyak 66 Nama, Tidak ada Nomor Kartu Keluarga sebanyak 291 Nama dan tidak ada Nomor KTP sebanyak 2 Nama,” jelas Ketua Bawaslu Kaimana Karolus Kopong Sabon, SE kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Rabu (30/09).

Dikatakan Karel, bagi  yang memiliki NIK, tanggal lahir dan alamat yang sama itu berada di TPS yang berbeda. Sehingga dengan adanya rekomendasi Bawaslu ini, diharapkan menjadi data bagi KPU Kaimana dalam melakukan pencermatan ulang.

Masih kata Karel, apa yang direkomendasikan oleh Bawaslu wajib bagi KPU untuk menindaklanjuti, sebelum penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sehingga nama yang tidak memenuhi syarat, untuk segera dihapus dan tidak diwajibkan untuk dimasukan dalam DPT.

“Demikian juga sebaliknya, kalau itu Memenuhi Syarat (MS) maka tetap dimasukan dalam DPT,” tegas Karel.

Karel juga menuturkan, per tanggal 28 September lalu, belum ada satupun tanggapan dari masyarakat yang masuk ke Bawaslu Kabupaten Kaimana, sehingga jumlah 1.011 nama yang direkomendasi tersebut murni hasil pencermatan Bawaslu Kabupaten terhadap DPS yang dikeluarkan oleh KPU.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed