oleh

Baru Sebulan di SPN, 300 Siswa Bintara Dipulangkan

-Manokwari-362 views

MANOKWARI-Sebanyak 300 siswa Bintara Polri asal pengiriman Polda Papua Barat yang mengikuti pendidikan dan pelatihan di SPN (Sekolah Polisi Negara) Jayapura dikembalikan ke daerah masing-masing. Mereka saat ini mengikuti pendidikan secara online.

  Kapolda Papua Barat Irjen Pol Dr. Tornagogo Sihombing mengatakan, pemulangan siswa pembentukan Bintara Polri tersebut dikembalikan terkait dengan pandemi virus corona (Covid-19). Polri tak menghendaki ada siswa yang menjadi korban pendemi virus berbahaya ini.

PMB OPBJJ-UT Sorong

  ‘’Semua siswa di SPN termasuk dari Papua Barat dikembalikan ke daerah masing-masing. Sehingga saat  ini pendidikannya jarak jauh,’’ ujar Kapolda.

  Tak hanya di SPN, di Akpol dan Sekolah Polisi Wanita juga melaksankaan pendidikan jarak jauh atau online. ‘’Ini untuk mengantisipasi pandemi virus corona,’’ ujarnya.

  Para siswa SPN Jayapura asal pengiriman Polda Papua Barat, dikembalikan sejak pertengahan Desember lalu. Dalam pembelajaran jarak jauh ini, para siswa SPN diawasi orang tua selama 1×24 jam. Setiap  hari, orang tua dan siswa memberikan laporan ke pimpinan di SPN.

  Pada saat peresmian kantor sementara SPN Polda Papua Barat, para siswa asal Manokwari ikut dihadirkan. Direncanakan, para siswa pembentukan Bintara Polri ini akan menjalani pembelajaran jarak jauh selama kurang lebih 3 bulan, pada Maret 2021 akan kembali ke SPN Jayapura.

  Kapolda menambahkan, pada tahun 2021 Polda Papua Barat mulai membangun gedung SPN berlokasi di Kampung Wedoni, Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), di atas lahan seluas 23 hektar hibah dari pemerintah daerah. Bila gedung SPN di Mansel selesai, maka makin banyak kuota Bintara  yang diberikan untuk Polda Papua Barat.

  Polda Papua Barat pada tahun 2021 juga berencana akan merekrut 1.000 calon Bintara Noken, yang merupakan putra-putri asli Papua. Dalam melaksanakan perekrutan ini, Polri bekerjasama dengan  pemerintah daerah, seperti yang sudah dilakukan Kodam XVIII/Kasuari.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed