oleh

Bapenda Optimis Capai Target Penerimaan PBB

KAIMANA – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kaimana optimis dapat mencapai target penerimaan dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2020. Target Bapenda terhadap penerimaan PBB ini tahun 2020 sebesar Rp 1.746.000.000.
Dari target tersebut, sampai dengan pertengahan tahun 2020 ini, Bapenda telah merealisasikan target sebesar 33,48 persen atau sebesar Rp 584. 493. 063.00.
“Kami realisasi dari bulan Januari sampai dengan Juni 2020 ini, sebesar Rp 584. 493. 063.00. Sebenarnya masih jauh dari target kami, akan tetapi kami optimis bisa mencapai target. Karena dari pihak PT Avona, sudah bersedia membayar tunggakan mereka sebesar Rp 400 juta lebih,” jelas Plh Kepala Bapenda Kaimana, La Bania, kepada Radar Sorong di Ruang Kerjanya, Senin (3/8).
Dikatakan La Bania, untuk mengejar tercapainya target penerimaan, pihaknya terus aktif melakukan penagihan terhadap wajib pajak. Serta melakukan penagihan terhadap wajib pajak yang sampai saat ini belum membayar pajaknya khusus PBB.
“Penagihan aktif yakni, teman-teman (staf,red) sementara melakukan penagihan terhadap piutang pajak khusus PBB,” kata La Bania.
Ia menuturkan, beberapa waktu lalu pihaknya tidak maksimal melakukan pungutan karena mewabahnya Corona, sehingga menyebabkan pemberlakukan kerja dari rumah. Pungutan kembali dimaksimalkan pada pertengahan bulan Juli 2020.
“Jadi teman-teman baru mulai melakukan penagihan aktif, kurang lebih sudah 2 minggu. Kami akan terus melakukan penagihan, serta pemutahiran data,” ujarnya.
Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, menurut lelaki asal Sulawesi Tenggara ini, pembayaran wajib pajak berskala besar akan dilakukan pada saat mendekati jatuh tempo.
“Mereka menunggu dekat jatuh tempo, karena ada wajib pajak yang berada di kawasan tertentu, memiliki pajak cukup banyak sehingga mereka menyetor sekaligus akan tetapi akan menunggu dekat jatuh tempo,”terangnya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed