oleh

Bangun Karakter Pelajar Melalui O2SN dan FLS2N

-Metro-863 views

SORONG-Demi mengembangkan bakat dan minat peserta didik usia dini pada bidang olahraga dan kesenian, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pendidikan Dasar dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Papua Barat menyelenggarakan seleksi O2SN dan FLS2N, Selasa (6/8).

Olimpiade Olahraga siswa Nasional (O2SN) dan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SD tingkat Provinsi Papua Barat berlangsung di Kota Sorong yang diselenggarakan di 3 tempat yakni SMA Negeri 3, Gor dan Lapangan Bulutangkis Polygon Km 8 mulai dari tanggal 6-7 Agustus 2019.

Kepala LPMP Papua Barat Saul Bless Kadit mengatakan pentingnya pendidikan di Sekolah Dasar sebagai pondasi pembentukan karakter serta kepedulian peserta didik terhadap lingkungan yang lokal dan global dan merupakan tantangan peserta didik menghadapi era milenial melalui kegiatan olahraga dan kesenian.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk membangun karakter unggul melalui kegiatan olahraga dan kami ingin membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat nasional maupun internasional sejak usia sekolah,” jelasnya kepada wartawan

Lanjutnya, seluruh  peserta seleksi adalah peserta didik di jenjang SD/MI yang ada di Provinsi Papua Barat. Dimana jumlah peserta yang mendaftar seleksi berjumlah 19 orang untuk O2SN dan 14 orang untuk FLS2N, dengan cabang yang dilombakan khusus untuk O2SN adalah Kids atletik yakni senam renang, bulutangkis, pencak silat dan karate. “Sedangkan untuk cabang yang dilombakan pada FL2SN yaitu menyanyi tunggal, seni tari, gambar bercerita dan kriya anyam,”ujarnya

Diakui Saul bahwa peserta  seleksi berasal dari Kota Sorong sebanyak 16 orang, Kabupaten Sorong sebanyak 12 orang, Kabupaten Sorong Selatan 3 orang dan Kabupaten Tambrauw sebanyak 2 orang yang telah diseleksi. Sedangkan untuk  pendamping peserta adalah guru dan tenaga profesional dari kota maupun kabupaten yang ikut seleksi O2SN dan FLS2N.

“Yang  keluar sebagai juara umum akan dikirim pada O2SN dan FL2SN tingkat Nasional pada 24 Agustus di Semarang,”tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sorong Petrus Korisano, S.Pd, M.MPd memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan O2SN dan FL2SN yang dilaksanakan oleh LPMP Papua Barat di Kota Sorong. Dirinya optimis dalam kegiatan tersebut, perwakilan dari Kota Sorong mampu menunjukkan kemampuan mereka dan dapat keluar sebagai juara umum.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed