oleh

Bahas Bandara, Pemprov Hadiri Rapat dengan Menhub

-Manokwari-346 views

MANOKWARI-Pemprov Papua Barat melalui Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani dan Bupati Manokwari Demas P Mandacan mengikuti rapat dengan Menteri Perhubungan di Jakarta, Minggu (13/10/2019) membahas perluasan sejumlah bandara di Papua Barat, termasuk Bandara Rendani Manokwari.


“Pertemun dengan Menhub hari Minggu tangal 13 Oktober. Mudah-mudahan lewat rapat koordinasi ini ada kejelasan dari pemerintah pusat untuk memperpanjang landacan pacu Bandara Rendani,” katanya kepada wartawan.


Bupati mengatakan, Menhub bertanggungjawab dalam penyiakaan anggaran perluasan landasan pacu. Pada tahap pertama runway Bandara Rendani diperpanjang 300 meter hingga menjadi 2.300 meter di tahun 2020. Sedangkan pemerintah daerah mengupaya pembebasan lahan.


Demas P Mandacan mengatakan, hingga saat ini pembebasan 300 meter lahan hampir selesai. Masih dibutuhkan sekitar Rp 37 miliar untuk membayar hak ulayat perrpanjang runway. Pemkab Manokwari lanjut Bupati telah mengalokasikan anggaran dalam APBD Perubahan 2019 untuk pembersihan lahan. Dalam waktu dekat tim bersama Satpol PP akan turun melaksanakan pemberihan lahan. “Yang pertama akan dibersihkan lahan untuk perpanjangan runway dulu. Tahun berikutnya kalau keuangan memadai kita selesaikan semuanya,” kata Bupati.

Selain perpanjangan runway Bandara Rendani, Demas juga mengusulkan ke pemerintah pusat maskapai penertiban untuk menambah route penerbangan. Dia menyampaikan terima kasih kepada Lion Air yang telah melayani Manokwari per 7 Oktober. Bupati berharap, Lion juga menambah penerbangan Manokwari-Jayapura dan Manokwari-Sorong.


Beroperasinya Lion Air di Manokwari telah membawa dampak pada perubahan harga tiket. Demas P Mandacan mengatakan, Lion Air menjual tiker Manokwari-Makassar Rp 1.156.000 lebih murah dibanding 2 maskapai lainnya. “Sebagai bupati saya menyampaikan terima kasih kepada Lion Air yang bisa membuka penerbangan Manokwari-Makassar. Mungkin Manokwari-Jayapura dan Manokwari-Sorong dibuka juga supaya harga bisa lebih murah,’’ tuturnya.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed