oleh

Awas Ditilang, Patuhilah Aturan Lalu Lintas

-Metro-74 views

Guna meningkatkan kemananan dan ketertiban masyarakat Kota Sorong dalam berkendaraan, personel Lantas Polres Sorong kota melaksanakan Operasi Zebra Mansinan 2020 dengan target utama, pengedara di bawa umur, tidak menggunakan helm dan mengendarai dalam keadaan dipengaruhi minuman keras atau Miras.

Dalam operasi Mansinam perdana ini, terjaring 20 kendaraan diantaranya 15 unit kendaraan sepeda motor dan 5 unit kendaraan roda empat (mobil) pada tiga titik yakni Lampu Merah Maranatha, Lampu merah Polres Sorong kota dan depan Bandara DEO Sorong. Para pemilik kendaraan pun diminta ke Kantor Lantas Polres Sorong kota untuk mengurus proses tilang kendaraannya.

Pantauan koran ini, banyak pengendara yang menyadari adanya pelaksanaan tilang sehingga langsung memutar kendaraannya dan melaju melawan arus lalu lintas meskipun hal tersebut berbahaya bagi dirinya dan pengendara lain.

Selain melaksanakan tilang kepada pengendara, Satlantas Polres Sorong Kota juga memberikan imbauan kepada masyarakat yang berkendara namun tidak menggunakan masker agar kedepannya menggunakan masker. Selain itu, juga diberikan masker.

KBO Satlantas Polres Sorong Kota, Ipda Suparman, S.Sos mengatakan, kegiatan Operasi Zebra ini berlangsung mulai tanggal 26 Oktober hingga 8 November 2020 dengan sasaran utama kendaraan roda dua dan roda empat di wilayah Kota Sorong. 

“Khususnya para pengendara roda dua akan dikenakan sanksi bila tidak menggunakan helm, di bawah umur dan mengendarai kendaraan dalam pengaruh minuman keras (Miras),”jelasnya.

Ia menuturkan, untuk hari pertama, dimana sudah terjaring 20 kendaraan, khususnya 5 unit mobil yang ikut terjaring karena tidak memiliki plat mobil dan alasan tidak membawa SIM. Sanksi yang diberikan adalah berupa tilang bagi pengendara yang tidak menunjukan SIM, tidak menggunakan plat motor atau mobil, tidak dapat menunjukkan surat-surat dan tidak membawa helm.

“Sanksinya berupa denda uang dimana yang tidak membawa SIM Rp 1 juta, yang tidak menggunakan helm tapi memiliki SIM dendanya Rp 250.000 kemudian yang tidak menggunakan Plat Rp 500.000 dan denda ini berlaku untuk kendaraan roda dua maupun roda empat,”terangnya.

Selain menilang para pengendara, sambung KBO Lantas, pihaknya juga memberikan sosialisasi terkait pentingnya penggunaan masker bagi masyarakat Kota Sorong yang ingin berpergian dengan kendaraan. Bahkan, petugas Lantas juga membagikan masker gratis bagi pengendara yang masih tidak menggunakan masker

“Ini masih suasana Covid-19, jadi selain kami melakukan sweeping kami juga bagikan masker dan stiker kepada pengendara,”pungkasnya. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed