oleh

Atasi Over Kapasitas di Lapas Manokwari 13 Narapidana Dipindahkan ke Rutan Bintuni

MANOKWARI -Untuk mengurangi over kapasitas pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Manokwari, sebanyak 13 narapidana dipindahkan ke Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Bintuni, Sabtu (29/8/2020) menggunakan transportasi darat. Pemindahan narapidana ini mendapat pengawalan dari Brimob sebanyak 2 orang dan dari Divisi Pemasyarakatan sebanyak 10 orang.

Kepala Lapas Manokwari, Ahmad Heriansyah mengatakan pemindahan ke 13 narapidana ini dalam rangka mengatasi over kapasitas sebagaimana diamanatkan dalam resolusi pemasyarakatan dan juga menjaga keamanan dan memberikan pembinaan yang maksimal.

“Sebanyak 13 narapidana yang dipindahkan ini mayoritas juga berdomilisi di Bintuni, maka kita kembalikan ke Bintuni sehingga pembinaan ke mereka lebih mudah dan maksimal selain itu juga agar mereka dekat dengan keluarga,” ucap Ka Lapas.

Diketahui juga bahwa kapasitas daya tampung pada Lapas Kelas IIB Manokwari sebanyak 140 orang dan sudah terisi 275, hampir 2 kali lipat dari daya tampung di Lapas.

Perjalanan ke Bintuni kurang lebih 7 jam perjalanan. Sesampainya di Rutan Kelas IIB Bintuni, seluruh narapidana dan petugas melakukan pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disenfektan sebelum masuk ke dalam Rutan. Selanjutnya dilakukan serah terima dari Lapas Kelas IIB Manokwari ke Rutan Kelas IIB Bintuni dan dilanjutkan 13 narapidana jalani rapid test sebelum masuk ke ruang Isolasi.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Asep Sutandar. Dia menjelaskan, pemindahan narapidana sudah menjadi program Lapas Manokwari yang sudah over kapasitas. Rutan Bintuni masih memungkinkan untuk menerima tambahan narapida.

“Mudah-mudahan dengan pemindahan ini dapat memecahkan masalah over kapasitas pada Lapas Manokwari dan juga melanjutkan pembinaan yang sudah dilaksanakan di Lapas Manokawari,” kata Asep.

Saat ini Rutan Kelas IIB Bintuni juga sedang menuju ke zona integritas WBK sehingga pemenuhan sarana dan prasarana sangat memungkinkan untuk melakukan pembinaan bagi Narapidana yang dipindahkan dari Lapas Manokwari.

“Semoga semua perubahan yang telah dilakukan di Rutan Bintuni ini dapat menuju Zona Integritas meraih predikat WBK,” harap Asep.

Diakhir kegiatan dilakukan penyerahan APD berupa handsanitizer, sabun cuci tangan, hand Skun, spray/penyemprot, alkohol dan rapid diagnostic test yang diserahkan langsung oleh Kadiv Pas dan diterima oleh Ka Rutan.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed