oleh

Asisten 1 Lepas Peserta Diklat PIM IV

-Manokwari-456 views

MANOKWARI– Sekretaris Daerah (Sekda) Drs Nataniel Mandacan mewakili Gubernur Papua Barat melepas pesert Diklat PIM (Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan) IV yang dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Utara. Diklat PIM IV bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan eselon IV, mencetak pemimpin-pemimpin yang punya nilai-nilai kebangsaan dan inisiatif tinggi untuk melakukan perubahan.

Selain itu, para peserta Diklat nantinya diharapkan dapat berinovasi dan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan lain, demi membangun budaya perubahan dengan memanfaatkan teknologi informasi. “Peserta dituntut untuk berpikir kreatif, inovatif dan punya awareness, sehingga bisa melakukan perubahan terhadap lingkungannya,” jelas Sekda.

Nataniel mengatakan, proses pembelajaran yang sementara dilakukan adalah tahap merancang perubahan tim. Salah satu mata Diklat yaitu benchmarking ke best practice. “Adalah suatu proses pencarian berkesinambungan dan penerapan secara nyata praktek-praktek yang lebih baik yang mengarah pada kinerja kompetitif  unggul atau suatu proses pengukuran terus-menerus atas produk, jasa dan tata cara kita terharap pesaing kita  yang kuat,” katanya.

Sekda meminta kepada para peserta Diklat untuk mengaplikasikan mata Diklat selama proses pembelajaran tahap pertama. Peserta harus mampu mengadopsi dan mengadaptasi best practice bifdang pengelolaan kegiatan.

“Saudara-saudara adalah utusan atau duta-duta dari Provinsi Papua Barat, wajib menjaga nama baik pemerintah Provinsi Papua Barat, wajib menegakkan disiplin, sikap dan perilaku yang positif, partisipasi aktif, sopan santun dan menjaga kesehatan,’’ ujarnya.

Nataniel mengatakan, seorang calon pemimpinan dituntut meningkatkan kompetensi dan kapabilitas sumber daya manusia.Sehingga diperlukan pendidikan dan pelatihan yang lebih masif dan efektif.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed