oleh

ARAB-Relawan Kotak Kosong Deklarasi Damai

Aliansi Raja Ampat Bersatu (ARAB) bersama Tim Relawan Kotak Kosong (Koko) menggelar deklarasi damai di salah satu café di Waisai, Selasa (20/10) malam. Deklarasi damai siap mewujudkan kematangan berdemokrasi serta menjaga persatuan dan kesatuan melalui pilkada damai tahun 2020 di wilayah Kabupaten Raja Ampat.

Tim Kuasa Hukum ARAB, Abraham Umpain/Dimara usai deklarasi kepada wartawan mengatakan, merupakan tanggung jawab bersama untuk mensukseskan pilkada damai. “Untuk itu, mari bersama-sama menciptakan kamtibmas serta memberikan rasa nyaman bagi warga masyarakat selama tahapan pelaksanaan pilkada 2020. Sehingga pilkada ini berjalan dan berakhir dengan damai sesuai dengan harapan penyelenggara dan semua pihak,” ujarnya.

Abraham Umpain mengingatkan kepada penyelenggara pilkada di Kabupaten Raja Ampat tetap menjaga kenetralan. Bram ~sapaan akrabnya~ juga mengingatkan potensi munculnya ‘pemilih siluman’ saat tahapan pencoblosan pilkada nanti. “Kami mengingatkan agar penyelenggara serius memperhatikan munculnya pemilih-pemilih siluman pada hari dimana pencoblosan nanti di TPS, karena hadirnya pemilih siluman ditakutkan rawan menimbulkan konflik di pilkada nanti. Nah, ketika terdapat pemilih siluman maka yang perlu disalahkan yaitu pihak penyelenggara. Penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu selaku pengawas dalam tahapan ini,” katanya.

Bram mengakui sejak terbentuknya ARAB hingga saat ini tetap mengikuti jalannya proses pesta demokrasi yang dinilainya sangat sistimatis dan terukur. Karena itu, menjelang pilkada 2020, tidak menginginkan terjadinya kecurangan pada saat tahapan pencoblosan maupun perhitungan nanti. “Dengan hanya terdapat paslon tunggal melawan Kotak Kosong serta mengawal pesta demokrasi pilkada ini berjalan dengan baik dan menjunjung nilai-nilai demokrasi yang transparan, maka bukan lagi menjadi tugas dan tanggungjawab pihak penyelenggara sendiri melainkan juga menjadi tanggungjawab pihak TNI dan Polri termasuk insan pers dan seluruh warga masyarakat Kabupaten Raja Ampat,” ucapnya.

Di tempat yang sama, keterwakilan pemuda Kabupaten Raja Ampat, Endy Mambrasar yang bergabung bersama Tim ARAB dan mendukung Tim Kotak Kosong pada pesta demokrasi pilkada 2020, sangat berharap pilkada berjalan sukses dan damai. “Selaku pemuda yang bergabung di relawan Kotak Kosong mengajak juga teman-teman pemuda ketika terdapat temuan informasi-informasi yang berkembang dan belum jelas keauratannya, mari bersama-sama menetralisir informasi tersebut agar tidak membuat kita semua terus bergesekan dan terlarut lewat media sosial. Karena hadirnya pilkada ini untuk kita semua, dan tentu kita berharap berjalan dengan sukses dan penuh kedamaian,” katanya.

ikut dalam deklarasi Pilkada damai Tahun 2020 ini, Decky Buce Feey,SH selaku Tim Kuasa Hukum ARAB, siap mengawal tahapan pilkada ini sampai berakhir. “Intinya, yang diharapkan pilkada berjalan aman dan damai. Kami siap memberikan pendampingan hukum kepada tim ARAB dan tim Relawan Kotak Kosong sampai berakhirnya tahapan pilkada tahun 2020,” tandas Buce. (hjw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed