oleh

APBD Kota Rp 1,2 Triliun

SORONG – APBD Kota Sorong Tahun ­Anggaran 2021 ditetapakan sebesar Rp1.207.767.466.900. Penetapan APBD tersebut dilakukan saat Rapat Paripurna XII DPRD Kota Sorong masa sidang tahun 2020 di ruang sidang utama DPRD Kota Sorong, Rabu (23/12).

Ketua DPRD Kota Sorong, Petronela Kambuaya,SPd,MPd, mengatakan persetujuan terhadap Perda APBD Tahun 2021 merupakan wujud kesepahaman dan kesepakatan bersama antara eksekutif dan DPRD yang akan menjadi landasan kegiatan pembangunan, baik dari sisi pendapatan, belanja, maupun pengeluaran, dalam rangka optimalisasi pembangunan daerah. ”APBD tidak difokuskan pada satu tempat, sehingga APBD dikelola masing-masing OPD, memasak sesuai kebutuhan dapur mereka,” katanya.

Ia mengharapkan pelaksanaan program dan kegiatan dilakukan lebih cepat dan pencapaian tingkat penyerapan anggaran pada akhir tahun anggaran 2021 dapat direalisasi sesuai harapan masyarakat. “Kami berharap jajaran perangkat daerah memegang teguh amanat APBD dengan mengimplementasikan secara nyata berbagai program dan kegiatan yang telah ditentukan,” ucapnya sembari menambahkan, pihaknya di DPRD akan menjalankan fungsi pengawasan dalam mengawal dan memastikan setiap produk hukum yang telah ditetapkan akan sesuai dengan kebutuhan pembangunan daerah. ”Sehingga dapat memenuhi harapan masyarakat dalam rangka mempertahankan dan memperluas cakupan pelayanan kepada masyarakat yang pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan dan memperluas kesempatan kerja dan berusaha serta meningkatkan ketahanan dan daya saing perekonomian daerah,” pungkasnya.

Wali Kota Sorong, Drs.Ec.Lambert Jitmau,MM menyampaikan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kota Sorong yang telah melakukan pembahasan RAPBD Kota Sorong tahun 2021. ”Besar harapan saya semoga APBD yang disetujui dapat dijadikan landasan pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan selama satu tahun anggaran sebagaimana tertuang dalam RKPD Kota Sorong tahun 2021 dalam rangka pelaksanaan pembangunan bagi masyarakat Kota Sorong,” katanya.

Di kesempatan tersebut, Wali Kota mengingatkan kembali bahwa badai Covid-19 belum reda. ”Saya mengimbau kepada masyarakat Kota Sorong agar menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sebagai upaya memutuskan mata rantai penyebaran virus Covid-19,” pesannya. (zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed