oleh

Aparat Kampung Maudus Dilatih Siskeudes

-Metro-223 views

SORONG– Aparat Kampung dituntut mandiri dalam membuat sistem pelaporan dan pengelolaan keuangan melalui aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Untuk itu, 48 orang dari Aparat Kampung di Distrik Maudus, Kabupaten Sorong mengikuti pelatihan tata cara penyusunan administrasi dan pengelolaan keuangan desa yang dilaksanakan di Balai Diklat Kabupaten Sorong, Sabtu (7/12) .

Kepala Bidang Pemerintahan Kampung, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Sorong,  Turuni S.IP menyampaikan, pelatihan yang dilaksanakan untuk aparat dan kepala kampung diharapkan dapat berkelanjutan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. 

“Harusnya mereka memang selalu mendapatkan pelatihan,  karena tidak mungkin sekali sudah dapatkan hasil yang maksimal,” harapnya.  

Ia juga berharap agar aparat kampung memiliki semangat belajar agar dapat memperoleh kompetensi,  meski diakuinya dari segi pendidikan tidak begitu tinggi.  Namun,  pelatihan yang dilakukan secara terus menerus akan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) aparat kampung yang mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik.  

Sementara itu, Pendamping Lokal Desa di Distrik Maudus,  Marchel Soselisa menyampaikan,  pelatihan dilaksanakan selama 5 hari, sejak Sabtu (7/12). Pada pelatihan tersebut, tidak hanya teori yang diperoleh, melalui Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA-P3MD) juga dilakukan praktek secara langsung. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed