oleh

Antisipasi Jumlah Sapi Berkurang

-Metro-742 views

AIMAS – Kabupaten Sorong merupakan wilayah dengan jumlah populasi ternak sapi terbanyak di Provinsi Papua Barat. Jumlah ternak sapi di Kabupaten Sorong mencapai 24 ribu ekor. Meski demikian, Kabupaten Sorong tetap mendatangkan sapi dari luar daerah, salah satunya pulau Seram. 

“Kami memang nomor 1 di Papua Barat untuk populasi sapi yang banyak,” kata Plt Dinas Peternakan Kabupaten Sorong, Magriet Beatriks Hendrika Nauw, S.Pt kepada media di ruang kerjanya, Selasa (13/8).

Didatangkannya sapi dari luar daerah, berdasarkan adanya larangan pemotongan sapi betina produktif yang telah tertuang dalam Undang-undang nomor 41 tahun 2014 dan telah dilakukan kerjasama antara kementerian pertanian dan Polri. Selain itu, mengantisipasi berkurangnya populasi sapi juga menjadi alasan masih didatangkannya sapi dari luar daerah. 

Menurut Magriet, pejagal di Kabupaten Sorong masih cukup banyak yang memotong sapi betina. Hal tersebut, dikhawatirkan akan menganggu populasi sapi di Kabupaten Sorong, karena Sapi betina merupakan incaran untuk dipotong. “Kalau sapi jantan jauh lebih mahal dibandingkan sapi betina,” katanya. 

Adapun Sapi yang didatangkan dari luar daerah, merupakan sapi dengan usia non produktif ataupun memenuhi syarat untuk dipotong, selain sapi jantan. Dijelaskan pula, sapi yang masuk di Kabupaten Sorong telah melalui pemeriksaan terlebih dahulu. “Sapi betina juga tidak sembarang untuk dimasukkan ke daerah, karena cukup cepat dalam menyebarkan penyakit,” terangnya.(nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed