oleh

Anggota DPRD Tak Berhak Tempati Rumah Dinas

-Berita Utama-1.303 views

KPK Perintahkan Anggota DPR PB Kosongkan  Rumah Dinas

MANOKWARI – Kecuali ketua dan wakil ketua DPRD, anggota dewan lainnya tak berhak mendapatkan rumah dinas. Namun saat ini beberapa anggota DPR Papua Barat menempati rumah dinas di Kampung Susweni, Distrik Manokwari Timur. Lebih memprihatinkan lagi, sebagian rumah dinas tersebut ditempati mantan anggota DPR PB dan keluarga anggota dewan.

Koordinator Supervisi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Wilayah Papua dan Papua Barat, Maruli Tua meminta kepada anggota DPR PB maupun keluarganya untuk mengosongkan rumah karena tak memilik hak. “Kami sudah melihat perumahan DPR Papua Barat. Dengan segala hormat, rumah-rumah dinas tersebut harus dikosongkan,” tegas Maruli Tua pada Monitoring dan Evaluasi Rencana Aksi Pemberantasan Korupsi di Provinsi Papua Barat, Kamis (1/8) di kantor gubernur.

Dijelaskannya, Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan DPR, bahwa yang berhak atas rumah dinas hanya ketua dan wakil ketua. Sedang anggota DPRD lanjut Maruli Tua, mendapatkan tunjangan perumahan. “Jadi, rumah yang ditempati sekarang ini dikembalikan ke pemerintah daerah. Sedangkan yang pensiun juga harus dikembalikan,” tandasnya.

Dia meminta kepada gubernur agar segera menertibkan rumah dinas DPR PB. “Rumah itu dikembalikan. Sebetulnya sangat sederhana, mungkin kita perlu turun untuk tertibkan mulai dari sekarang,” ucapnya.

Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan mengatakan, jajarannya telah memerintahkan Sekretariat DPR PB untuk melakukan penarikan rumah dinas  yang masih dihuni anggota dewan ataupun keluarga.  Rumah dinas ini akan ditempati pejabat atau ASN.

Anggota DPR PB lanjut Gubernur telah diberikan tunjangan perumahan, sehingga tak berhak lagi menempati rumah dinas. “Itu sudah ketentuan.  Sudah dapat tunjangan baru mau tempati rumah dinas lagi, itu tidak benar. Yang sudah selesai jabatan juga harus keluar, tidak seperti sekarang, sudah habis masa jabatan masih tinggal dan bahkan diberikan kepada keluarga,” katanya. (lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed