oleh

Anggota DPRD Mimika Bimtek di Bekasi

-Metro-59 views

Untuk lebih memahami soal tugas, pokok dan fungsinya (tupoksi) sesuai dengan Alat Kelengkapan DPRD, para anggota dewan periode 2019-2024 mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) optimalisasi tugas pokok dan fungsi Alat Kelengkapan Dewan (AKD), serta pengelolaan keuangan dan asset daerah di Hotel Ammarosa, Bekasi. 

Ketua DPRD Kabupaten Mimika, Robby Kamaniel Omaleng, Kamis (17/9) mengungkapkan jika Bimtek ini dilaksanakan dengan tujuan agar para dewan dapat lebih memahami tupoksinya sebagai wakil rakyat sesuai dengan undang-undang. 

Selain soal tupoksi, para dewan juga dibekali dengan pemahanan mengenai pengelolaan keuangan dan asset daerah di tingkat DPRD. 

“Agenda Bimtek ini bisa dijadikan bekal untuk kita menjalankan tupoksi kita masing-masing,” ujar Robby.

Lanjutnya, agenda ini sebenarnya harus dilaksanakan setelah para anggota dewan dilantik pada akhir tahun lalu. Namun, agenda ini dipending mengingat dewan terlebih dahulu mengikuti berbagai kegiatan yang lebih penting.  Agenda ini pun baru bisa dilaksanakan tiga bulan sebelum berakhirnya tahun 2020 sebab adanya pandemi Covid-19. 

Menurut Robby, agenda ini harus dilakukan walaupun kini juga ada beberapa kegiatan mendesak yang harus diikuti. Namun, para dewan dipandang perlu untuk dibekali ilmu dan materi soal tupoksi dewan sebelum menjalankan program dan kegiatan lainya yang sudah diagendakan sampai akhir tahun ini. 

Dengan mengikuti Bimtek ini, para dewan akan lebih memahami tupoksinya dalam menjalankan fungsi pengawasan, budgeting dan penganggaran. 

“Walaupun ada agenda yang mendesak lagi, namun kita perlu adanya peningkatan kapasitas kita sendiri untuk menjalankan tupoksi. Maka itu perlu harus ada bimtek, jadi ini dijadikan tolak ukur untuk kita menjalankan fungsi pengawasan, budgeting dan penganggaran,” ungkap Robby.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed