oleh

Andalkan Susu UHT, Laku Hingga 500 Cup Sehari

-Ekonomi-148 views

SORONG – Cendol Vers (dalam dialek Sulsel disebut Cendolo) merupakan minuman cendol kekinian yang tengah viral di Sorong. Jika cendol pada umumnya disajikan sebagai minuman dengan pelengkap santan dan gula merah cair, maka lain halnya dengan Cendolo Vers ini. Minuman ini tidak disajikan bersama santan melainkan susu UHT segar.
Cendolo Vers merupakan hasil eksperimen panjang dari ownernya Ikhsan dan Maya. Ikhsan yang merupakan X bank (mantan pegawai) salah satu bank BUMN di Sorong ini menjajal peruntungan lain di dunia bisnis dengan berjualan minuman yang kini viral. Tak sia-sia, berkat keuletan dirinya dan istri, kini cendol buatannya yang berlokasi di Aimas ini menjadi begitu terkenal.
Pasangan pebisnis ini mampu menjual hingga ratusan cup cendol setiap harinya. Di beberapa hari tertentu bahkan bisa mencapai lebih dari 500 cup. Pelanggannya tak hanya datang dari Sorong saja, bahkan sampai ke Bintuni dan Fak-Fak.
”Saya buka dari tanggal 2 November, awalnya biasa saja masih sepi. Tapi setelah orang rasa, lama-lama ­mereka posting di sosmed terus jadi ramai banyak yang cari.
Dua Minggu kemudian baru mulai viral, sampai kita bisa jual 400-500 cup,” ujar Ikhsan saat ditemui Radar Sorong di sela-sela kesibukannya.
Saking larisnya, lapak sederhana yang baru buka pada jam 12.00 WIT ini bisa langsung diserbu pembeli yang tak henti-hentinya datang hingga pukul 17.00 WIT. Dalam waktu hanya beberapa jam saja, Ikhsan dan Maya bisa menghabiskan sekitar 4 kardus susu UHT @12 kotak 1000ml.
Selain menggunakan susu segar, rupanya Ikhsan dan Maya punya resep khusus untuk dalam meracik sendiri cairan gula merahnya. Hal ini lah yang membedakan cendol kekinian Ikhsan dan Maya sehingga tak pernah takut bersaing dengan cendol lain yang serupa.
”Selain kami pakai susu segar, gula merah yang kami pakai ini juga racikan sendiri, resep khusus. Terus warna hijau cendolnya juga alami dari air daun pandan, makanya agak pucat, tidak sama seperti kalau pakai pewarna makanan.
Disitulah bedanya, kami ingin ciptakan sesuatu yang khas dari kami sehingga tidak mudah ditiru orang,” imbuh Maya.
Selain rasa yang enak dengan harga yang tidak bikin kantong jebol hanya Rp 15.000,- Cendolo Vers tersedia dalam berbagai varian rasa yakni, cendol original, cendol cincau, cokelat, Milo, keju, Oreo, kacang mete, alpukat, nangka, durian, cincau original dan cendol mix berbagai rasa.
Menurut Ikhsan, beberapa varian bisa bertahan di suhu dingin hingga 3 hari lamanya. Namun ada beberapa varian juga yang tidak bisa bertahan lama.
”Yang tidak bisa tahan lama biasanya nangka dan durian, bukan karena bahan yang digunakan berbahaya. Tetapi sifat dari nangka dan durian itu panas, sehingga mempengaruhi daya tahannya juga. Jadi untuk pelanggan dari luar daerah seperti Fak-Fak, Kaimana dan Bintuni tidak kami sarankan untuk membeli dua varian rasa tersebut,” tutupnya. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed