oleh

Analis Sebut KEK Sorong ‘Gerbang’ Menembus Asia

AIMAS – Studi tiru yang dilakukan oleh tim analis Provinsi Papua terhadap Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong, Selasa (8/6) adalah untuk mendapatkan pencerahan dari Pemerintah Kabupaten Sorong dan Dewan KEK Sorong terkait bagaimana perjalanan panjang terealisasinya KEK Sorong.

Ketua Tim Analis Pemprov Papua, Gerzon Jitmau mengatakan KEK Sorong menjadi salah satu kawasan yang mendobrak pertumbuhan ekonomi di tanah Papua nantinya.  Gerzon menyebutkan, ada 3 daerah di Papua yang menjadi gerbang laut, yakni Jayapura, Timika dan Sorong.

“Jayapura, Timika dan Sorong adalah pintu laut untuk membawa Indonesia menembus dunia. Apalagi lewat Sorong, akan sangat mudah tembus ke Asia Tenggara, Asia Pasifik, dan Australia,” sebutnya.

KEK Sorong menjadi kawasan sangat prioritas yang diharapkan mampu memberikan multi effect untuk mendorong percepatan pembangunan di daerah. Disamping itu, Gerzon berharap lebih banyak kiranya KEK Sorong juga akan membawa dampak positif bagi daerah sekitarnya, termasuk Provinsi Papua.

“Saya kira tentu KEK Sorong akan menjadi multi effect tidak hanya untuk Sorong Raya, tapi menyeluruh hingga ke Papua. Karena berdasarkan kajian beberapa penelitian dan analis bahwa Sorong adalah pintu masuk dan daya gerak bagi pembangunan di segala bidang. Banyak daerah yang harus menimba pembelajaran dari KEK Sorong ini,” ungkap Gerzon.

Setelah studi tiru ini, lanjut Gerzon, apa yang didapatkan dari hasil analisis tersebut akan disumbangkan kepada pemerintah provinsi Papua untuk membangun kawasan Jayapura. Sebab beberapa waktu lalu, Bapenas sudah mencanangkan Jayapura untuk dijadikan kawasan penempatan peti kemas bertaraf internasional.

“Karena kami sebagai pintu terdepan NKRI, jadi kami harus menampakkan wajah terbaik kami melalui kawasan peti kemas internasional di Jayapura nanti. Selain itu, kami juga inginembawa hasil studi ini dan menerapkannya di Merauke, Teluk Cendrawasih, dan Tembagapura agar pergerakan ekonomi bisa lebih baik guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat disana,” bebernya.

Dirinya berkomitmen, pembangunan di Jayapura, Timika, Merauke dengan mencontoh KEK Sorong, jika nanti benar-benar sukses terlaksana maka tanah Papua akan tumbuh seperti Batam. Jika diibaratkan dengan sebuah negara, maka tanah Papua akan selevel dengan Singapura atau Sidney, Australia.

“Saya yakin betul jika tanah Papua mampu, maka kemajuan bukan lagi bertumpu di wilayah barat tetapi akan pindah ke wilayah Indonesia Timur. Saya katakan demikian karena di KEK Sorong saja sudah operasi beberapa industri seperti smelter, PLTMG, ada perusahaan aspal dan semen juga. Seperti real kawasan ekonomi, kawasan industri. Apalagi Kemenlu perbuah menyampaikan bahwa Sorong adalah daerah transportasi terdekat untuk menuju Asia. Belum lagi jika didukung oleh kawasan strategis lain di provinsi Papua. Tentu akan sangat luar biasa tanah kita,” tandas Gerzon. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed