oleh

Anak Kampung Usili ikut ‘Sepeda Pintar’

-Sorong Raya-912 views

AIMAS – Selama kurang lebih 3 bulan, Belasan anak usia Sekolah Dasar di  Kampung Usili, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong mengikuti kegiatan pembelajaran membaca dan menulis permulaan yang merupakan Hibah Pengabdian Masyarkat dengan program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS). 

“Kegiatannya sejak bulan Juli 2019 dan berakhir di Oktober 2019 ini,” kata Penerima Hibah Pengabdian, Abdul Hafid yang juga dosen Unimuda Sorong kepada Radar Sorong, Rabu (23/10). 

Hibah PKMS yang bertemakan “Sekolah Peduli Kokoda (Sepeda) Pintar; Pemberantasan Buta Aksara Siswa Sekolah Alam Natikorae Usili Aimas Kabupaten Sorong” dijalankan pada tahun ini berdasarkan usulan tahun 2018 dari Direktorat Riset dan Pengabdian (DRPM) Kemenristek Dikti. 

Pelaksanaan pengabdian tersebut merupakan bagian dari tugas dosen untuk memenuhi Tri Darma Perguruan Tinggi yakni pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun program yang dilaksanakan tersebut untuk mengajarkan anak-anak usia sekolah dasar membaca dan menulis. 

“Kegiatan ini dilaksanakan di luar jam sekolah, sehingga tidak mengganggu pelajaran anak-anak di sekolah. Metode yang digunakan adalah metode Sepeda Pintar, yakni anak belajar dimana saja. Materi yang diajarkan mulai dari abjad sampai dengan kalimat sederhana,” terang Abdul kepada Radar Sorong. 

Dinamakan Sepeda Pintar karena dalam kegiatan tersebut guru sendiri yang mendatangi para siswa, bukan siswa yang mendatangi guru. Dengan metode yang ada tersebut, Abdul berharap agar program tersebut dapat tetap berlanjut, karena menurutnya literasi baca-tulis merupakan bekal awal bagi anak untuk menguasai literasi yang lainnya. 

“Kita berharap dukungan dari Pemerintah, LSM, dan donatur-donatur yang demawan, untuk menjamin masa depan anak-anak di Kampung Usili sebagai generasi penerus bangsa salah satunya melalui program ini,’’ harapnya. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed