oleh

Amunisi Artileri Peninggalan PD 2 Dibuang

-Manokwari-614 views

MANOKWARI-Satuan Brimob Polda Papua Barat telah memusnahkan  ratusan amunisi artileri, detonator sisa perang dunia II dengan cara dibuang ke  laut. Ratusan amunisi artileri anti serangan udara ditemukan warga yang menggali septic tank di Kampung Mestip Arfai Gunung sekitar 3 Km dari jalan raya, Sabtu (16/11/2019).

“Hari itu juga langsung dimusnahkan, dibuang ke laut. Kalau buang di laut, akan cepat terurai,” ujar Dansat Brimob Polda Papua Barat, Kombes Pol Godhelp Mansnembra.

Dilihat dari bentuk fisiknya, Dansat Brimob menduga,  226 buah amunisi artileri dan detonator tak aktif. “Diperkirakan sisa perang dunia II. Kalau dari bentuknya tidak aktif lagi,” katanya.

Mansnembra menduga, di beberapa tempat di Manokwari diperkirakan masih ada sisa-sisa amunisi atau bom perang dunia II. Manokwari merupakan salah satu wilayah pertahanan Jepang maupun Sekutu pada perang dunia II.

“Waktu dulu, inikan wilayah pertahanan juga. Tak menutup kemungkinan masih ada bom atau amunisi sisa perang dunia II,” ujarnya kepad wartawan di Mapolda.

Diketahui, 226 buah amunisi artileri dan selongsong sebanyak 10 buah serta proyektil ditemukan saat penggalian septic tank di rumah Matius Towansiba. Ada  6 warga menggali septi tank dengan ukuran lebar 1,5 meter dan panjang 2 meter.

Pada kedalaman kurang lebih 1,5 meter para  pekerja menemukan amunisi artileri dengan panjang 56 cm dan diameter 2,5 inci. Para pekerja kemudian mengeluarkan amunisi artileri sebanyak 59 buah.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed