oleh

Amankan Wamena, Mabes Polri Tambah Randis

JAYAPURA – Untuk membantu Polda Papua melakukan kegiatan patroli skala besar guna memberikan rasa aman kepada masyarakat di Wamena Kabupaten Jayawijaya, Mabes Polri memberikan bantuan tambahan kendaraan dinas.  Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw kepada wartawan di Polda Papua, Selasa (15/10) mengatakan, tambahan kendaraan operasional dari Mabes Polri untuk Polda Papua sesuai petunjuk Kapolri Jenderal Tito Karnavian. “Sesuai petunjuk Bapak Kapolri, kami juga ditambahkan kendaraan roda dua untuk patroli jarak jauh melewati lokasi yang tidak bisa dijangkau kendaraan roda empat. Harapannya, bisa memberikan ketenangan bagi  masyarakat,” katanya.

Kapolda mengaku dirinya bersama Pangdam XVII Cenderawash, Mayjen TNI Herman Asaribab baru saja tiba di Jayapura usai menijau Wamena pasca penikaman pekerja bangunan asal Toraja oleh oang tak dikenal (OTK). Waterpauw meminta kepada masyarakat yang mengungsi  dan rumahnya tidak  terbakar, agar dapat kembali ke rumah masing-masing  “Ajakan dan himbauan saya, masyarakat yang masih ada di titik pengungsian, segera kembali karena kami sudah tambahkan kekuatan termasuk sarana untuk membantu menjaga suadara-saudara di sana,” ucapnya.

Jenderal bintang dua ini ini meminta kepada masyarakat tidak percaya isu-isu hoax yang disebarkan oknum-oknum tak bertanggungjawab yang tidak mengingkan Wamena aman dan kondusif. Sebab, mereka adalah orang yang kurang pekerjaan. “Kalau soal isu  ya namanya juga isu-isu terus  dikembangkan oleh para pihak yang tidak inginkan keadaan wamena kembali kondusif. Tapi kita ini ada aparat keamaan maupun pemerintah, segala upaya akan kami lakukan semaksimal mungkin. Karena itu, jangan percaya jika ada orang yang menyebarkan isu-isu tak benar, itu orang  yang kurang kerjaan. Ini negara, tidak bisa dia seenaknya,” tegas Kapolda.

Waterpauw menambahkan, pasca kejadian penikaman, pihaknya akan melakuan evaluasi dengan memaksimalkan kegiatan patroli, serta razia-razia dan penempatan pos-pos keamanan. Untuk memaksimalkan langkah-langkap pengamanan, Polda Papua menempatkan dua pejabat utama di Wamena. “Ini menjadi koreksi juga bagi kami untuk semakin memaksimalkan  upaya-upaya patroli , razia dan penempatan pos-pos pengamanan. Saya dan Pangdam langsung melaksanakan eksen dengan menempatkan anggota di beberapa titik, dan sekarang kami tempatkan dua Pamwatmil disana,“ pungkasnya. (al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed