oleh

Amankan Pilkada, Polisi Tak Pegang Senjata

MANOKWARI-Polda Papua Barat dan Polres jajaran siap mengamankan pemungutan suara pilkada serentak di 9 kabupaten pada 9 Desember mendatang.  Sebagai bentuk kesiapan, Polda Papua Barat, Jumat (4/12) menggelar apel gelar pasukan pengamanan pilkada dipimpin Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Papua Barat Kombes Pol Tri Admodjo M,S.IK. Apel gelar pasukan dihadiri Dir Binmas Polda Papua Barat, Dir Pamobvit, Dir Intel, Dir Reskrimum, Kabid Propam, Kabid Humas, Kabid Keu, Kabid Kum dan Kabid TI serta perwira lainnya.

Karo Ops mengingatkan kepada personil Polda Papua Barat yang akan melaksanakan pengamanan pilkada, menjaga kesehatannya dan juga mengecek perlengkapannya sebelum bertugas. Dikatakannya, dalam pengamanan pilkada , tidak ada anggota Polri yang memegang atau membawa senjata api, baik senjata organik atau senjata milik pribadi. Semua harus diserahkan atau dititipkan ke bagian logistic. “Personel Polri juga diingatkan agar menjunjung tinggi netralitas serta tidak terlibat dalam kegiatan politik bentuk apapun,” ucap Tri Admodjo.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua Barat AKBP Adam Erwindi  mengatakan, apel gelar pasukan pengamanan ini sebagai bentuk kesiapan Polri khususnya Polda Papua Barat dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan memberikan hak pilihnya pada pilkada 2020.

Total sebanyak 1.031 personel Polda Papua Barat dan Polres jajaran disiagakan mengamankan pilkada. Rincian personel tiap Polres, Manokwari 411 personel, Pegunungan Arfak 108 personel, Teluk Bintuni 105, Teluk Wondama 60, Manokwari Selatan 130, Fakfak 61, Raja Ampat 64, Sorong Selatan 31, dan Kaimana 31 personel. Polres Polres Sorong Kota dan Sorong juga disiagakan membantu pengamanan Pilkada di wilayah Sorong Raya, di Raja Ampat dan Sorong Selatan.

Pergeseran personel Polda Papua Barat dan Polres jajaran dilakukan 5-7 Desember, sehingga pada tanggal 8 Desember, para personel ini sudah digeser ke TPS (tempat pemungutan suara). Selain personel Polda dan Polres jajaran, pengamanan pilkada di Papua Barat juga diback-up Satuan Brimob Nusantara sebanyak 500 personel. Mereka ini telah digeser ke beberapa kabupaten diantaranya Teluk Bintuni, Kaimana, Fakfak, Raja Ampat, Sorong Selatan, Teluk Wondama, serta ada juga yang disiagakan di Manokwari. (lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed