oleh

Alun- Alun Aimas akan Disterilkan

Kapolres : Tidak Ada Perayaan Tahun Baru Terpusat,  Jangan Sampai Ada  Konsentrasi Massa

SORONG –  Ratusan personil gabungan TNI-POLRI dan stakeholder terkait mengikuti apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Lilin Mansinam tahun 2020 di halaman Polres Sorong, Senin (21/12). Operasi Lilin Mansinam yang dilakukan Polres Sorong selama 15 hari kedepan, dimaksudkan untuk memastikan keamanan saat perayaan natal dan tahun baru 2020.

Operasi Lilin Mansinam kali ini dilakukan dengan melakukan pengamanan yang difokuskan pada titik yang dimungkinkan menjadi konsentrasi massa, seperti rumah ibadah, pusat perbelanjaan dan tempat wisata. Dua pos yang berada di Tugu Merah dan di depan Alun-ALun Aimas juga disiapkan untuk menunjang pelaksanaan pengamanan tersebut.

Kapolres Sorong, AKBP Robertus Alexander Pandiangan, S.IK, MH menyebutkan, Alun-Alun Aimas juga menjadi tempat yang akan menjadi prioritas pelaksanaan pengamanan dalam Operasi Lilin Mansinam kali ini. Sebab selama ini, Alun-Alun selalu dijadikan sebagai tempat umum untuk merayakan malam pergantia tahun oleh masyarakat di Kabupaten Sorong.

“Tahun ini tidak ada perayaan tahun baru terpusat seperti sebelumnya, jadi Alun-Alun ini termasuk prioritas kami saat melakukan pengamanan. Akan kami sterilkan, jangan sampai ada konsentrasi massa disana karena saat ini kita masih dalam situasi pandemi,” ujar Kapolres.

Untuk pengamanan lalu lintas, personil Satlantas Polres Sorong juga akan diterjunkan untuk melalukan penjagaan di titik yang sudah ditentukan. Sementara untuk meminimalisir terjadinya tindak kriminal, terorisme maupun pesta miras dan narkotika, anggota Polres Sorong juga tetap melakukan patroli rutin.

Polda PB  Kerahkan 1.994 Personel 

 Sementara itu, jajaran Kepolisian menggelar Operasi Lilin dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru, yang dilaksanakan selama 15 hari, 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. Polda Papua Barat dan Polres jajaran mengerahkan kekuatan 1.994 personel, terdiri dari 1.281 personel Polri, serta 713 personel gabungan dari unsur TNI.

Kapolda Papua Barat Irjen Pol. Dr. Tornagogo Sihombing bersama Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa memimpin apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Mansinam 2020, di  halaman Polda. Hadir, Wakapolda Brigjen Pol Partige Renwarin, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari Georger Mercy Randang, Kadis Kesehatan Prov Papua Barat Otto Parorongan dan para pejabat utama Polda.

Operasi Lilin akan mengedepankan kegiatan preventif dan preentif secara humanis serta menegakkan hukum secara professional. Personel Kepolisian juga akan mengawasi penerapan protokol kesehatan selama perayaan Natal dan Tahun Baru. ‘’Sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman,’’ tutur Kapolda.

       Dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polda Papu Barat dan Polres jajaran akan mengadakan 22 Pos Pengamanan, 19 Pos  Pelayanan, serta 1 Pos Terpadu. ‘’Para personel  yang diturunkan akan melaksanakan pengamanan gangguan kamtibmas, kanseltiblantas, serta pengamanan di pusat-pusat keramaian, perbelanjaan, pelabuhan, bandara dan lain-lain,’’ ujar Tornaggogo.

Secara khusus Kapolda mengingatkan para personel polisi dan komponen masyarakat untuk memperhatikan protokol kesehatan. Dia tak menghendaki perayaan Natal dan Tahun Baru ini menimbulkan klaster baru penularan virus corona (Covid-19). (ayu./lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed