oleh

Alat Thermo Gun Aman Digunakan

-Metro-57 views

Tidak hanya hoax terkait penutupan Bandara dan pelabuhan yang telah meresahkan masyarakat, kini hoax terkait penggunaan  Thermo Gun (alat pengukur suhu) tubuh melalui dahi pun mulai bermunculan, dimana Thermo Gun dinyatakan akan mengakibatkan kanker otak lantaran sinar infra merah yang digunakan adalah laser yang mengakibatkan kanker.

Hoax tersebut berkembang dengan cepatnya di tengah-tengah masyarakat, bahkan kini Thermo Gun sudah tidak digunakan di dahi melainkan di lengan atau tangan masyarakat yang hendak memasuki areal publik seperti Mall, Supermarket hingga perbankkan.

Padahal, Thermo Gun itu memang dirancang untuk mengukur suhu tubuh melalui dahi. Namum, sayangnya masyarakat sudah termakan isu hoax sehingga menolak pengukuran suhu tubuh di dahi dengan menggunakan thermo gun.

 dr. Somarnam mengungkapkan sinar merah pada thermo gun adalah infrared bukan laser dan aman untuk digunakan, oleh karena itu, thermo gun pun di jual bebas, dan aturan penggunaannya pun harus di dahi dan tidak boleh ditangan. Karena, ketika masyarakat mencuci tangan maka suhu di tangan pun akan menurun.

“Bagi masyarakat yang menolak pemeriksaan suhu, maka dicurigai sedang demam atau sedang sakit,”jelasnya.

Diakui Somarnam, beberapa supermarket besar, perhotelan hingga instansi lainnya yang masih mengukur suhu tubuh di tangan masyarakat, itu salah. Karena, berdasarkan rekomendasi pemerintah, tidak ada pengukuran suhu tubuh melalui tangan khusus untuk thermo gun, Karena pemeriksaan suhu tubuh dengan thermo gun harus di dahi.

” Alat kesehatan yang  masuk ke Indonesia, sudah terstandarisasi dan sudah aman digunakan, seperti thermo gun itu  tidak ada efek samping,”pungkasnya. (Juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed