oleh

Aktivitas di Pasar Baru Kaimana Kembali Normal

-Sorong Raya-778 views

KAIMANA – Setelah dinyatakan kondisi Kabupaten Kaimana dalam keadaan aman dan kondusif oleh Pihak kepolisian, dalam hal ini disampaikan melalui publikasi dari Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas)  Polres Kaimana. Di pasar baru Kaimana pada Kamis (22/8) siang. Sebelumnya aktivitas di pasar baru Kaimana, paska adanya aksi damai yang terjadi dua hari berturut – turut yakni tanggal 19 dan 20 agustus lalu. Membuat para pedagang dipasar tersebut, enggang untuk membuka toko maupun lapak jualannya. 

Bukan saja dipasar, akan tetapi aktivitas di beberapa sekolah juga tidak berjalan dengan baik. Karena terpantau ada beberapa sekolah, yang memilih untuk meliburkan siswanya, karena pihak sekolah khawatir akan ada aksi susulan dari pendemo. 

“Sat Binmas Polres Kaimana, dengan ini menghimbau kepada seluruh masyarakat dan para pedagang di kabupatem kaimana. Bahwa saat ini situasi di Kabupaten kaimana, sudah kembali aman dan kondusif. Agar kiranya para pedagang, sudah bisa kembali beraktivitas seperti biasanya,”Kata seorang anggota Sat Binmas Polres Kaimana, ketika menyampaikan publikasi. 

Sementara itu Kapolres Kaimana AKBP. Robertus A Pandiangan, SIK MH ketika dikonfimasi melalui pesan whatsApp nya, Jumat (23/8) membenarkan bahwa saat ini situasi di Kaimana telah aman dan kondusif. 

“Kodisi saat ini di kaimana, sudah kondusif aman terkendali. Masyarakat sudah bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya. Serta kami berharap, masyarakat jangan terlalu mempercayai, isu – isu yang menyesatkan,”Jelas Kapolres. 

Dengan adanya himbauan tersebut, terpantau sekitar pukul 08. 00 wit di pasar baru kaimana, para pedagang sudah mulai membuka kios serta lapak jualan lainnya. Salah satu pedagang Wa lina kepada wartawan mengatakan, jika dirinya lebih memilih bertahan dirumah ketimbang harus berjualan. Karena dirinya merasa takut, dengan kondisi yang terjadi di Papua Barat belakangan ini. 

“Saya takut, lebih baik saya istirahat jualan. Memang beberapa malam lalu, saya sempat memindahkan barang dari kios ke rumah. Karena saya takut dicuri atau dibakar,”Jelasnya.  

Dari pantauan wartawan pada pagi hari tadi, di beberapa ruas jalan seperti di jalan Lettu Idrus, yang merupakan areal sekolahan didalam kota kaimana. Telah terjadi peningkatan, jumlah kedaraan dari dua hari belakangan. Itu artinya, aktivitas masyarakat sudah mulai berjalan normal. Dan begitu juga nampak para orang tua sudah mulai mengantarkan, anak – anak mereka ke sekolah. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed