oleh

Aksi Pengurangan Resiko Bencana

-Metro-96 views

SORONG-Pemerintah Kota Sorong melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sorong bersama TNI/Polri melakukan aksi Pengurangan Resiko Bencana (PRB) dengan menanam pohon pada daerah-daerah yang rawan longsor dan banjir, salah satunya di belakang Sorpus, Sabtu (6/12/2020).

Sekda Kota Sorong Drs.Yakob Kareth.M.Si mengatakan, upaya yang dilakukan pemerintah Kota Sorong melalui BPBD merupakan aksi positif. Kemudian untuk mengurangi resiko terjadinya musibah bencana seperti bencana banjir, longsor dan musibah alam lainnya.

“Ini dilakukan setelah musibah banjir dan tanah longsor. Kita mulai dengan menanam pohon. Kita jaga alam, alam jaga kita. Kegiatan ini menggerakan pasrtisipasi semua elemen maupun warga Kota Sorong untuk peduli terhadap lingkungan. Minimal ada yang mulai. Kita pemda, TNI/Polri memberikan contoh dulu kepada masyarakat, mudah-mudahan kita bisa lanjutkan lagi lebih luas dengan masyarakat dan pelaku usaha,” tegasnya.

Sekda berharap dengan kegiatan menanam pohon tersebut dapat memberikan dampak bagi alam tentunya. Dan dampak terhadap masyarakat. “Tanam pohon supaya hutan di lereng gunung tidak mudah terjadi longsor saat hujan dengan intensitas tinggi,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Sorong, Herlin Sasabone ditemui usai aksi penanama pohon di belakang Sorpus, menambahkan, kegiatan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) diharapkan memberikan dampak baik dampak dalam jangka pendek mau pun dalam jangka panjang.

“Penanaman pohon dan kerja bakti ini adalah kepentingan bersama. Kami juga melibatkan TNI/Polri untuk mendukung kegiatan PRB yang secara nasional rutin setiap tahun BPBD laksanakan. Tahun ini PRB difokuskan di Maluku tetapi karena pandemic covid-19 sehingga dikembalikan ke daerah masing-masing. Ada 40 anakan pohon yang telah ditanam, kemudian kita tanam di lahan kritis karena di sini rawan terjadi longsor,” pungkasnya. (zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed