oleh

Air Isi Ulang Butuhkan Sertifikasi Higienis

-Metro-134 views

Pengawasan  depot air isi ulang (galon) perlu diperketat, sebab air galon sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok  masyarakat Kota Sorong. Higienisnya air juga membantu pola hidup sehat manusia. Sehingga dibutuhkan sertifikasi jaminan air depot agar higenis dan  layak diminum.

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan, Kota Sorong, Mery T, menjelaskan, hingga saat ini pelayanan sertifikasi jaminan depot air isi ulang masih dalam perencanaan dan akan diterapkan. Dalam rangka tetap menjaga kualitas air, tentunya melalui beberapa tahapan pemeriksaan.

“Idealnya, pemeriksaan kimia itu 6 bulan sekali dan biologis 3 bulan, pengawasannya di wilayah kerja Puskesmas masing-masing Depot,”Jelas Mery.

Namun  saat ini, Dinas Kesehatan Kota Sorong belum dapat melakukan pemeriksaan karena alat pemeriksaan di Lab kami sedang diperbaiki akibat banjir beberapa waktu lalu. Sedangkan pemeriksaan sampel air memang dikenakan biaya, dan biaya tersebut akan dituangkan dalam Peraturan Wali Kota..

“Kami belum bisa menarik retribusi tanpa dasar tunggu ada Perwali. Saat ini,  sekitar 200san usaha Depot Air di Kota Sorong  tapi belum ada yang ditutup karena melanggar,” kata Mery

Ia menuturkan, jika  pengusaha depot air isi ulang mematuhi semua aturan seperti mengganti filter air tepat waktu, menjaga kebersihan sarana depot airnya, kemudian petugas mengoperasikan depot dengan bersih, tentu air galon bisa langsung dikonsumsi, tetapi jika masyarakat masih ragu, maka air tersebut bisa direbus saja, itu lebih aman.

Salah satu pengusaha depot air, Darwis Junain mengatakan, Ia selalu menjaga kualitas air galonnya dengan mengganti filter sekali dalam 1 bulan, karena baginya air adalah kebutuhan pokok manusia

“Orang kadang bertanya, kenapa air saya beda. Alhamdulillah saya bilang karena saya juga jaga kualitasnya,”ungkap Darwis.

Selain mengganti filter air, untuk menjaga kualitas air, Darwis tidak sembarang menggunakan air, Darwis  menggunakan  air PAM dari sumber mata aiar. Yang dalam 4 hari sekali, truck tangki air mengisikan 5.200 Liter air ke penampungan airnya.

“Saya buka usaha ini ada Dinas Kesehatan dan Balai POM yang hadir.Dan mereka tunjukkan cara bersihkan filter air dan saya ikuti anjuran yang disampaikan,”pungkasnya. (Juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed