oleh

Ahli Waris Peserta BP Jamsostek Terima Santunan Puluhan Juta

-Ekonomi-44 views

SORONG – Manfaat program BP Jamsostek kembali dirasakan oleh ahli waris peserta BP Jamsostek Cabang Papua Barat, yakni ahli waris dari Ferinando A. Wanma dan ahli waris dari Daeng Pabalik. Ahli waris dari kedua almarhum menerima santunan kematian senilai puluhan juta rupiah yang diserahkan langsung oleh Kepala BP Jamsostek Cabang Papua Barat, Mintje Wattu dan disaksikan langsung oleh Sekda Kota Sorong, Drs Yakob M. Kareth, M.Si, Selasa (2/2).
Ahli waris dari Ferinando A. Wanma menerima senilai Rp 74.137.320,-. Santunan tersebut merupakan manfaat program BP Jamsostek dengan rincian jaminan hari tua (JHT) senilai Rp 31.780.720,- jaminan kematian (JKM) senilai Rp 42.000.000,- dan jaminan pensiun (JP) berkala senilai Rp 365.000, serta tambahan beasiswa untuk 2 orang anak hingga yang bersangkutan lulus kuliah. Sementara itu, ahli waris dari Daeng Pabalik menerima santunan berupa jaminan kematian senilai Rp 42.000.000.
Mintje Wattu menerangkan, bahwa santunan tersebut merupakan murni hak dari ahli waris yang ditinggalkan. Dikatakannya, meski seberapa apa besarpun santunan yang diberikan tidak akan menggantikan posisi orang tersayang yang telah berpulang, namun setidaknya santunan tersebut sebagai bekal yang ditinggalkan oleh almarhum untuk keberlangsungan hidup keluarganya kedepan.

Penyerahan santunan JKM & JHT kepada ahli waris Ferinando A. Wanma.

“Apa yang kami berikan mungkin tidak akan menggantikan siapa yang telah pergi, tetapi paling tidak santunan tersebut dapat dipergunakan dan dimanfaatkan dengan baik oleh keluarga ahli waris untuk kehidupan keluarga yang ditinggalkan,” ujar Mintje.
Dirinya meminta, agar setiap pimpinan perusahaan maupun instansi pemerintahan dapat mengcover keselamatan kerja bagi para karyawannya.
Sebab karyawan adalah manusia sehingga harus di manusiakan tentunya dengan memenuhi apa yang menjadi hak dari karyawan tersebut termasuk berkaitan dengan keselamatan kerjanya.
Pentingnya mengikuti kepesertaan BP Jamsostek ini adalah untuk melindungi apa yang menjadi hak para pekerja yang harus dipenuhi oleh pemberi kerja.

Penyerahan santunan JKM kepada ahli waris Daeng Pabalik.

“Mereka ini adalah manusia yang dipekerjakan, sehingga resiko apapun yang mungkin terjadi di seharusnya sudah diantisipasi sejak dini, tentu dengan mengcover mereka menjadi peserta kami.
Karena BP Jamsostek merupakan program pemerintah yang bertujuan memberikan perlindungan kepada seluruh tenaga kerja dari risiko kecelakaan kerja. Program ini ­sangat banyak manfaatnya bagi pemberi kerja.
Karena ketika karyawannya mengalami kecelakaan kerja dengan membutuhkan biaya yang besar, Maka hal itu sudah menjadi tanggung jawab kami di BP Jamsostek sehingga tidak lagi memberatkan pihak pemberi kerja.
Jadi Saya harap seluruh pemberi kerja harus memberikan hak tersebut terhadap seluruh pekerjaannya,” tutup Minjte. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed