oleh

90% Personel Polda PB dan Polres Jajaran Telah Divaksin

MNOKWARI-Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat telah melakukan vaksinasi virus corona (Covid-19) terhadap sebagian besar personelnya. Dari 5.019 anggota Polda PB, 4.520 orang atau 90% telah menerima vaksin dosis pertama dan 1.674 personel di antaranya sudah mendapatkan dosis kedua.

Kepala Bidang Dokkes Polda Papua Barat, Kombes Pol dr Sariman mengatakan, Polda dan Polres jajaran gencar melakukan vaksinasi terhadap anggota maupun keluarga serta pensiunan. Dengan persentase 90% anggota telah menerima dosis pertama, maka diharapkan akan terwujud herd imunity (kekebalan komunitas).

PMB OPBJJ-UT Sorong

Dari 5.019 anggota Polda PB, tersisa 4.099 orang belum menerima vaksin dosis pertama maupun kedua. Ada beberapa alasan mengapa 4.099 personel ini belum divaksin, di antaranya karena ada penyakit bawaan, sedang hamil dan menyusui (Polwan). ‘’Juga ada  yang sementara tugas BKO di luar sehingga belum sempat divaksin,’’ tuturnya kepada wartawan, di kantor Samsat Manokwari, di sela-sela launching Kawasan Tertib Lalulintas dan Protokol Kesehatan (KTL Pro).

Kabid Dokkes mengatakan, bahwa minimal 70% sudah divaksin, maka akan terbentuk kekebalan imunitas. Sehingga diharapkan, di internal Polda PB dan Polres jajaran tak ada lagi anggota yang terinveksi Covid-19. Namun demikian, semua harus tetap mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan serta mencuci tangan.

‘’Anggota Polda yang sudah terima vaksin dosis pertama itu sudah capai 90%, ini sudah tinggi. Kalau kita ikuti bahwa minimal 70% tervaksin itu sudah terbentuk herd imunity atau kekebalan komunitas,’’ ucap Sariman.

Ditargetkan semua personel Polda PB dan Polres jajaran dapat tervaksinasi 100%. Namun begitu, target tersebut sulit tercapai karena ada anggota yang menderita penyakit berat, hamil dan menyusui bagi Polwan. ‘’Masih menunggu waktu untuk kembali dilakukan vaksinasi dosis kedua. Ya, kita inginkan semua anggota divaksin,’’ harap Kabid Dokkes.

Polda PB juga sedang mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi massal dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-75. Vaksinasi terbuka bagi semua kalangan. Bagi masyarakat yang berminat bisa langsung mendaftarkan diri di kantor polisi terdekat Polres, Polsek maupun di Bhabinkamtibmas. ‘’Vaksinasi digelar untuk memperingati Hari Bhayangkara. Kita mendukung program pemerintah dalam mewujudkan herd imunity (kekebalan komunitas) terhadap pandemi Covid-19,’’ tandasnya.

Pada vaksinasi massal ini, Polda PB dan Polres jajaran menargetkan 33.000 orang dapat tervaksinasi. ‘’Tujuan kegiatan ini mendukung program pemerintah dalam mewujudkan kekebalan komunitas di Indonesia khususnya di Papua Barat. Polda Papua Barat menargetkan 33.000 masyarakat yang bersedia untuk divaksin,” tutur Kabid Humas.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed