oleh

8 Wilayah Kabsor Zona Merah Corona

AIMAS – Sebanyak 8 wilayah di Kabupaten Sorong dianjurkan untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri di rumah masing-masing, karena masuk dalam kategori zona merah Coronavirus Disease-2019. Ke-8 wilayah zona merah tersebut yakni Kelurahan Malawili, Transad (Kelurahan Aimas), Mariyai Raya, Kelurahan Klasuluk, Kelurahan Majaran, Kelurahan Majiner, Kampung Klafdalim, Kampung Malaus.

Anjuran tersebut tertuang dalam seruan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sorong Nomor 13/MUI.Kab.SON/V/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1441 H/2020 M dalam Kondisi Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).  Seruan tersebut dikeluarkan MUI Kabupaten Sorong merujuk kepada Fatwa MUI Pusat Nomor 28 Tahun 2020 tertanggal 13 Mei 2020 tentang Panduan Salat Kaifiat Takbir dan Salat Idul Fitri di Tengah Wabah Covid-19.

Ketua MUI Kabupaten Sorong, KH Immanuel Syukri Moifit,S.Pd.I mengatakan, seluruh ummat Islam yang berada di wilayah zona merah virus corona, dianjurkan untuk melaksanakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing. Sedangkan ummatIislam di wilayah zona hijau, dapat melaksanakan salat Idul Fitri di musholla dan masjid di wilayah masing-masing. 

Kendati demikian, pelaksanaan salat Idul Fitri di wilayah zona hijau virus corona, harus tetap memperhatikan protocol kesehatan penanggulangan Covid-19 dengan tetap menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun, jaga jarak dan tidak boleh berjabat tangan. 

Pelaksanaan salat Idul Fitri di zona hijau tidak dapat diikuti oleh umat Islam yang berdomisili di wilayah zona merah. Anak-anak juga tidak diperbolehkan melaksanakn salat Idul Fitri secara berjamaah di musholla ataupun masjid di wilayah zona hijau.  “Pelaksanaan salat Idul Fitri di rumah di tengah wabah Covid-19 ini tidak mengurangi pahala dari salat itu sendiri,” kata KH Immanuel Syukri Moifit,S.Pd.I. 

Sementara itu, aktivitas takbir keliling yang rutin dilakukan setiap tahunnya, untuk saat ini ditiadakan dan hanya dikumandangkan di masjid, musholla dan rumah masing-masing. Sedangkan kegiatan silaturahmi dianjurkan untuk dilakukan secara daring/online. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed