oleh

67 Peserta Seleksi CPNS Kemenkumham Ikut Tes Kesamaptaan di Polda PB, 29 September

MANOKWARI-Seleksi CPNS (calon pegawai negeri sipil) di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan seleksi calon taruna POLTEKIP (Poli Teknik Ilmu Pemasyarakatan) dan POLTEKIM (Poli Teknik Imigrasi) akan dilanjutkan tahap tes Kesamaptaan. Di Kanwil Kemenkumham Provinsi Papua Barat tersisa 67 peserta tes CPNS dan 14 peserta tes POLTEKIP dan POLTEKIM.

Kakanwil Kemenkumham Prov Papua Barat, Anthonius Ayorbaba, SH, MM menjelaskan, tes kesamaptaan CPNS, serta POLTEKIP dan POLTEKIM akan dilaksanaan bersamaan pada, Selasa, 29 September. Dilaksanakan bekerja sama dengan Polda Papua Barat.

Kakanwil meminta kepada para peserta untuk menyiapkan diri secara baik. Memperhatikan aturan dan ketentuan yang berlaku. Peserta diminta datang lebih awal di Mapolda Papua Barat pukul 06.00 WIT. ‘’Perhatikan ketentuan tes kesamaptaan. Datang tepat waktu dengan pakaian yang ditentukan,’’ ujar Ayorbaba.

Pengalaman tahap tes sebelumnya, ada peserta yang datang terlambat. Panitia seleksi akan tegas terhadap peserta datang terlambat. ‘’Kami ingatkan lagi, jangan ada lagi yang terlambat datang. Pada tahap sebelumnya ada peserta yang langsung digugurkan karena terlambat datang,’’ tegas Kakanwil lagi.

Tes Kesamaptaan terdiri dari 5 item, lari mengelilingi lapangan selama 12 menit, push up 1 menit, sit up 1 menit, tes pull up juga selama 1 menit dan shuttle run selama 6 putaran. ‘’Tes Kesamaptaan CPNS dilaksanaan bersamaan dengan tes POLTEKIP dan POLTEKIM,’’ tutur Kakanwil yang mengharapkan bantuan dari pers untuk membantu publikasi persiapan pelaksaaan tes agar diketahui para peserta.

Setelah tes kesamaptaan, selanjutnya para peserta akan mengikuti seleksi wawancara pada hari berbeda. Hasil tes wawancara akan menentukan kelulusan akhir.

Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham, Jhonny Pesta Simamora menambahkan, semua tahapan pelaksanaan seleksi CPNS dan calon taruna POLTEKIP, POLTEKIM termasuk tahap seleksi kesamaptaan dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona (Covid-19). Para peserta memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan saat memasuki lokasi tes.

‘’Saat datang peserta akan diukur suhu tubuhnya, kemudian mencuci tangan. Bila ada yang suhu tubuhnya di atas 37,3 akan ditempatkan pada tempat sendiri ditangani medis. Diberi waktu menunggu 5 menit untuk diukur lagi suhu tubuhnya,’’ jelasnya.

Panitia wilayah bersama pihak Polda Papua Barat (Polda) telah mendapatkan pengarahan dari Kepala Biro Kepegawaian (Kabirowai) Setjen, Henri M. Hayat terkait persiapan pelaksaan seleksi Kesamaptaan CPNS dan Catar 2020. Secara nasional jumlah peserta yang akan mengikuti seleksi kesamaptaan sekitar 11.000 orang, terdiri dari CPNS sebanyak 10.090 orang dan calon taruna 1472 orang.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed