oleh

63 Rumah Warga di Distrik Kaimana Segera Direnovasi

KAIMANA – Sebanyak 63 unit rumah milik sejumlah warga di Distrik Kaimana, Kabupaten Kaimana, akan segera direnovasi. Pembiyaan renovasi puluhan unit rumah tersebut, bersumber dari Anggaran Pendapat dan Belanja Negara, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Provinsi maupu Kabupaten/Kota, tahun anggaran 2021.

63 unit rumah ini, 18 diantaranya tersebar di wilayah Kelurahan Kaimana Kota, 15 unit di Kelurahan Krooy, 15 unit di Kampung Trikora, dan 15 unit rumah lainnya di Kampung Coa, Distrik Kaimana.  “Fokusnya di kota, sekarang lagi kita proses. Rencana Pak Bupati, ke depan dana-dana seperti ini, kita fokus di kota dulu. Di kampung-kampung, nanti kita manfaatkan program bantuan rumah Rp. 4 Miliar,” jelas Yonathan Ojanggai, Kepala Dinas Pertanahan, Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Kaimana, kepada wartawan di Kantor Bupati Kaimana, baru-baru ini.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Ojanggai mengatakan, rumah warga yang akan direnovasi, terlebih dahulu dikaji oleh pihaknya, untuk mengetahui keperluan. Dia juga menjelaskan, setiap unit rumah yang akan direnovasi menelan anggaran Rp. 23.000.000.  “Jadi memang untuk tahun kemarin itu kurang lebih Rp. 35 juta untuk biaya renovasi,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, renovasi 63 unit rumah tersebut tidak melibatkan pihak ketiga atau di proyekan. Namun pihahknya melaui tim teknis, yang akan langsung menangani renovasi tersebut.  “Tidak (proyek), ada teknik atau pekerja kita yang akan mendata terlebih dahulu, selanjutnya membuat draf. Selanjutnya bersama pemilik rumah, kita bahas untuk persetujuan bersama,” ujarnya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed