oleh

56 OAP Lulus Seleksi Sekolah Inspektur Polisi

MANOKWARI – Perasaan haru bercampur bahagia terpancar dari wajah para bintara Polri yang mengikuti Sidang Kelulusan Seleksi Penerimaan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Polda Papua Barat Tahun 2021 yang digelar di Arfak Hall Polda Papua Barat dipimpin Kapolda Irjen Pol. Dr. Tornagogo Sihombing. Sebagian besar bintara Polri yang lulus merupakan putra-putri asli Papua.

Seleksi Sekolah Inspektur Polisi tahun 2021 ini merupakan program affirmasi Otonomi Khusus (Otsus), lebih diprioritaskan bagi bintara Polri asli Papua. Sehingga tak mengherankan, sebagian besar yang diterima merupakan OAP.  Terdapat 103 bintara Polri AOP yang dinyatakan lulus seleksi, dengan rincian 56 klasifikasi kategori A dan B (bapak dan mama orang asli Papua dan salah satu orang tua OAP),  kemudian 47 kategori  C (orang non Papua yang lahir besar di Papua), serta  47 lainya merupakan peserta umum (Nusantara).

Kapolda  menyampaikan selamat kepada peserta seleksi yang terpilih. Dia berharap kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik untuk meraih pangkat lebih tinggi. Tak lupa, Kapolda mengingatkan para calon perwira untuk menjaga nama baik Polda Papua Barat selama menjalani pendidikan.  ”Belajar dan berlatihlah dengan sungguh-sungguh. Jaga nama baik Polda Papua Barat dengan tidak membuat pelanggaran selama pendidikan,” pesan Kapolda di hadapan 150 peserta seleksi calon perwira.

Tak lupa Kapolda juga menyampaikan terimah kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Papua Barat, Majelis Rakyat Papua dan DPR Papua Barat yang telah mengalokasikan anggaran untuk seleksi SIP afirmasi Otsus ini. “Adik-adik yang lulus  harus berterima kasih kepada pemerintah daerah yang begitu perhatian sehingga ada program afirmasi Otsus,” tandas Kapolda.

Sebelum diberangkatkan ke tempat pendidikan, 150 calon peserta Sekolah Inspektur Polisi menjalani pemeriksaan Covid-19 swab test antigen di Arfak Hall Polda Papua Barat. Tenaga medis Biddokes dan RS Bhayangkara Polda PB yang melaksanakan pemeriksaan.

Kepala Bidang Humas Polda, Kombes Pol. Adam Erwindi menambahkan, dalam proses seleksi, awalnya terdapat 209 peserta  yang mendaftar. Setelah melewati berbagai tahapan seleksi pada akhirnya diputuskan 150 dinyatakan lulus untuk mengikuti pendidikan SIP. Direncanakan, 150 peserta calon SIP ini akan berangkat, Jumat (12/3) hari ini, mengikuti pendidikan selama 7 bulan.

“Selamat buat peserta seleksi yang lulus terpilih. Belajar dan berlatihlah dengan sungguh-sungguh, jaga nama baik Polda Papua Barat dengan tidak membuat pelanggaran selama pendidikan.

Terima kasih buat Pemerintah Provinsi Papua Barat, Gubernur, MRPB, DPR dan semua yang turut membantu,” jelasnya. (lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed