oleh

50 Tenaga PLKB Tingkatkan Kompetensi

-Metro-53 views

SORONG – Sebanyak 50 orang tenaga Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di kabupaten Sorong ikut serta dalam kegiatan peningkatan kompetensi SDM Tim Pendataan Keluarga (TPK), Senin (22/3). Peserta pelatihan tersebut diambil dari perwakilan distrik-distrik yang ada di Kabupaten Sorong. Output dari kegiatan tersebut, seluruh peserta diharapkan mampu membagikan pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan selama kegiatan peningkatan kompetensi tersebut.

“Mereka harus bisa menjelaskan terkait dengan teknis pendataan, bagiamana mengisi formulirnya dan mendata menggunakan smartphone-nya. Pengetahuan itu nantinya harus bisa dibagikan kepada rekan-rekan di daerah yang tidak ikut dalam kegiatan ini. Peserta yang ikut dalam pelatihan diharapkan bisa menyebarluaskan pengalaman yang didapatkannya itu,” ujar Kadis P2KBP3K Kabupaten Sorong, Ferry Fatem.

Dikatakan Ferry, pihaknya juga menyediakan posko di setiap distrik untuk dapat melaporkan hasil pendataannya, terutama di daerah-daerah yang akses jaringannya kurang memadai. Kegiatan pendataan ini ditargetkan oleh pemerintah pusat selama 2 bulan, sejak 1 April hingga 31 Mei 2021.

Kepala BKKBN Provinsi Papua Barat, Philmona M. Yarollo mengatakan, kegiatan pendataan keluarga ini bertujuan untuk memperoleh data basis keluarga sebagai langkah awal untuk merencanakan kebijakan pemerintah daerah. Bukan saja untuk kepentingan program BKKBN, namun juga untuk program pemerintah lainnya.

Sementara itu, Bupati Sorong, Dr. Johny kamuru, SH, M.Si mengaku program tersebut merupakan program yang snagat penting dan sangat perlu untuk didukung. Sebab kebutuhan akan data dan informasi yang berkaitan dengan parameter kependudukan merupakan hal strategis dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat.(ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed