oleh

50 Persen Pemotongan TPP jadi BST

-Metro-198 views

SORONG – Kebijakan Bupati Sorong Dr. Johny Kamuru, SH, M.Si terkait pemotongan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) ASN di Kabupaten Sorong untuk membantu mengatasi dampak pandemi Covid-19 telah menghasilkan dana sebesar Rp 5.666.000.000. Sebanyak 50 persen dari total dana tersebut telah terserap menjadi Bantuan Sosial Tunai (BST).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sorong, Amatus Turot, S.Hut, M.Si menuturkan, sesuai mandat Bupati, BST yang bersumber dari pemotongan TPP ASN tersebut disalurkan kepada masyarakat Kabupaten Sorong dengan beberapa kegori, yakni kategori para pelayan keagamaan atau hamba Tuhan, kategori disabilitas, kategori panti asuhan dan pesantren. Sisanya diperuntukkan bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan tetapi belum pernah mendapatkan bantuan sama sekali.

PMB OPBJJ-UT Sorong

“Program BST ini ada dua, yang satu dari Kemensos yang disalurkan melalui Kantor Pos, dengan syarat data penerimanya harus lengkap karena diinput mengggunakan aplikasi SIKS-NG. Beberapa masyarakat terkendala karena tidak bisa mengakses. Oleh karena itu bupati menghadirkan program BST dari pemotongan TPP ASN. Kami berharap masyarakat yang tidak mendapatkan BST dari Kemensos bisa diakomodir dalam program BST dari TPP ASN ini,” jelasnya.

Untuk pembayaran BST yang bersumber dari pemotongan TPP ASN ini diprioritaskan melalui rekening Bank Papua. Namun jika ada masyarakat yang tidak memiliki rekening Bank Papua maka BST akan dibayarkan melalui lembaga keagamaan atau yayasan yang mengakomodir mereka.

Dia membeberkan, penyerapan sisa dana yang ada akan dimaksimalkan dengan mengutamakan kepada masyarakat nasrani. Sebab sesuai keinginan bupati, BST ini dapat dijadikan sebagai kado Natal bagi masyarakat yang beragama nasrani.

“Kami berusaha melakukan tugas ini sebaik dan semaksimal mungkin secara transparan sehingga bisa mempertanggungjawabkannya kembali kepada para ASN melalui Pak Sekda. Saya juga sampaikan terima kasih kepada bupati yang sudah mempercayakan Dinsos untuk melakukan tugas mulia ini. Kepada para ASN yang telah menyisihkan hasil kinerjanya juga saya sangat berterima kasih banyak. Hanya Tuhan yang mampu membalas,” tutupnya. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed