oleh

5 Warung dan Bengkel Rata Dilalap Api

Kabel Serat Optik Putus, Layanan Telkomsel Terganggu

AIMAS – Kebakaran melahap habis bengkel dan 5 warung makan yang terletak berjejeran di seberang Pos Lantas Alun-Alun Aimas, tepatnya di Jalan Cempedak Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, ­Jumat (2/4). 

Peristiwa kebakaran pertama kali diketahui Eka, salah satu pemilik warung saat sedang duduk menjaga warungnya. Menurutnya, ketika sedang menjaga warung, tiba-tiba ada kepulan asap hitam mulai membumbung tinggi dari salah ­satu warung yang sedang tutup.

Warung tersebut diketahui milik Anik yang saat itu ditinggalkan karena sedang mengikuti ibadah. Melihat peristiwa itu, Eka lalu meneriaki anaknya dan meminta bantuan dari warga setempat untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya. “Warungnya memang kosong karena yang punya lagi ibadah. Begitu lihat asap hitam menggumpal, saya sempat memanggil anak saya dan meminta bantuan dari warga setempat untuk memadamkan api pakai peratalan yang ada saja dulu,” jelasnya.

Polres Sorong menerjunkan 1 unit water cannon yang dibantu dengan 1 unit mobil tangki air milik Zipur 20/PPA melakukan pemadaman. Api baru berhasil dipadamkan sekitar 1 jam kemudian, setelah 5 warung makan dan satu bengkel dilahap api.

Dugaan sementara menurut saksi mata, kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik dari dalam warung karena sempat terdengar suara letusan akibat arus pendek listrik tersebut. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian materil ditaksir mencapai Rp 850 juta.

Guna keperluan penyelidikan, Tim Inafis Satreskrim Polres Sorong yang dipimpin Kasat Reskrim AKP Ronal Nobel Manalu,S.IK,MH, memasang garis polisi dan segera melakukan olah TKP. “Penyebab kebakaran masih sementara kami cari tahu. Saya sudah menurunkan tim untuk melakukan olah TKP, namun  pemilik warung masih berduka sehingga kami masih berusaha mengumpulkan data,” ujar Kasat Reskrim.

Sementara itu, dampak dari kejadian kebakaran tersebut, terjadi penurunan kualitas layanan Telkomsel di sebagian besar wilayah Kabupaten Sorong, akibat terputusnya kabel serat optik milik PT Telkom dan Telkomsel yang berada cukup dekat dari lokasi kejadian.

Manager Network Service Telkomsel Sorong, Awang Puji Wiharto menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan. Telkomsel dan Telkom Group langsung bertindak cepat untuk melakukan proses perbaikan guna pemulihan kembali kualitas layanan.

“Dampak penurunan kulaitas layanan ini dirasakan dari lokasi kejadian sampai di wilayah Markas Koarmada III. Untuk sementara, layanan telkomsel di Kabupaten Sorong disuplai dari Sorsel. Kami berharap proses perbaikan jaringan dapat segera diselesaikan, agar layanan Telkomsel normal kembali. Kami juga mengapresiasi pelanggan atas kesetiaannya untuk tetap menggunakan layanan Telkomsel. Untuk informasi dan solusi layanan Telkomsel lainnya, pelanggan dapat mengun­jungi titik layanan GraPARI atau menghubungi Call Center 188,” ucapnya. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed