oleh

5 Hari Belum Kembali, 2 Nelayan Hilang

MANOKWARI – Tim SAR dari  Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari melakukan pencarian terhadap 2 nelayan yang diduga hilang di laut saat memancing. Kedua nelayan asal Sulawesi Tenggara ini, Asrul (25 tahun) dan Egong (22 tahun) sudah 5 hari belum kembali

Dalam pencarian ini, Kantor SAR Manokwari mengerahkan kapanya KN SAR Kumbakarna 244 serta dibantu 2 perahu nelayan. Tim SAR juga dibekali dengan alat komunikasi WiFi Marine dan Hp satelit 1 unit. Dan tentunya, pencarian didukung dengan peralatan pencegahan penularan virus corona (Covid-19).

Kepala Kantor SAR Manokwari, George Mercy Randang kepada wartawan mengatakan, Tim SAR melakukan pencarian setelah menerima laporan dari koordinator nelayan di kompleks Borobudur, Kelurahan Padarni, Distrik Manokwari Barat, Jumat (18/12) pukul 10.30 WIT. Tim SAR bertolak dari dermaga Coran, Sowi 1 menuju dermaga Cokran dengan KN SAR Kumbakarna pukul 11.20 WIT.

Asrul dan Egong turun melaut, Minggu (13/12/2020) sekitar pukul 03.00 WIT subuh menggunakan longboat dengan 2 mesin masing-masing 15 PK. Mereka memancing dengan rumpon 1 dan rumpon 2 berjarak sekitar 56,09 nautical mile (NM) dari Pantai Bakaro. Longboat yang mereka gunakan  warga biru list hitam, panjang 11 meter dan lebar 110 cm.

Amirudin, keluarga korban mengatakan, biasanya Asrul dan Egong memacing paling lama 2 hari. Namun, kali ini mereka tak kunjung pulang setelah 5 hari. Pihak keluarga makin kuatir karena ­beberapa hari ini cuaca buruk ­diperairan Manokwari, ditandai dengan gelombang dan angin kencang. ‘’Biasanya hanya dua hari memancing. Semoga keduanya tidak terjadi apa-apa,’’ tutur Amirudin kepada Radar Sorong, di kompleks Borobudur.

Hilangnya nelayan di peraiaran Manokwari sudah sering terjadi, ada yang belum ditemukan sampai sekarang. Kasus belum kembalinya Asrul dan Egong ini dikoordinasikan dengan sesama nelayan lainnya. Mereka bersama-sama membantu proses pencarian. ‘’Tadi malam sudah diumumkan lewat pengeras suara, nelayan sama-sama melakukan  pencarian,’’ ujar Caaludin, coordinator nelayan Borobudur.

Tempat mereka memancing diperkirakan berada pada titik koordinat 0°01’50.88”S­ /133°47’48.06”E  untuk rumpon 1 dan rumpon 2 di titik0°00’11.34”S/133°43’4.02. Pelayanan KN Kumbakarna menuju kedua rumpon tersebut sekitar 2 jam 49 menit. Cuaca saat pencarian, hujan ringan, tinggi gelombang  1,50 – 2,00 meter dan kecepatan angin  3-15 Knots. (lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed